Presiden SBY Memakai iPad Dalam Pidatonya

Sejumlah pihak memiliki prasangka tersendiri mengenai alasan SBY menggunakan iPad terkait dengan pidatonya mengenai sikapnya terhadap posisi Yogyakarta. iPad adalah simbol dari kemajuan dan kecepatan seseorang menggunakan teknologi dan mengikuti perkembangan zaman.

iPad yang harganya dibanderol 349 dollar AS (Rp 3,1 juta) dan dirilis pertama kali pada April tahun ini dan sudah terjual 7,5 juta unit di seluruh dunia. Sama seperti iPhone dan iPod Touch, iPad dianggap sebagai simbol dari kemapanan dan kemajuan mengikuti perkembangan zaman.

Contohnya saja, iPad menggunakan sistem layar sentuh, klik, dan semua bisa diakses dengan mudah. Bahkan, mampu terkoneksi dengan Wi-Fi data ke internet dan dunia pun berada di tangan Anda. Lalu, apa hubungannya dengan sistem monarki?

Marilah melirik sistem monarki di Inggris. Segala sesuatunya harus sesuai dengan protokoler dan tunduk pada semua aturan kerajaan. Pangeran William dikabarkan tak dibolehkan membawa uang tunai, tak memiliki ponsel sendiri. Saa berbelanja, William harus menelepon sang kekasih, Kate Middleton, saat itu karena tak membawa uang tunai atau pun kartu kredit untuk membayar belanjaannya di sebuah supermarket.

Bahkan pernikahannya pun harus melalui sebuah aturan yang super ketat. Jika iPad adalah simbol kebebasan dan mengambil tindakan sendiri dan demokrasi, monarki adalah sebaliknya yaitu sebuah kekuasaan yang hanya dikendalikan secara invidual dan tak memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan sendiri.

“Kok Pak Beye baru pake iPad sekarang? Maksudnya apa. Kalau mau pidato pake iPad kenapa tidak dari dulu,” demikian ujar seorang pengguna Twitter. Ia mempertanyakan ada makna terselubung dari memperlihatkan iPad sebagai simbol kemajuan sementara monarki adalah simbol dari keterbelakangan.

“Kalau saya melihat, ini pesan terselubung,” kata Anne, seorang facebooker yang diwawancarai Tribunnews.com, Kamis (2/12/2010). Sementara, seorang pengguna Twitter mengatakan ini salah satu cara SBY mengalihkan isu dan orang-orang akan membicarakan soal iPad ketimbang isi pidatonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s