Facebook Adalah Sebuah Ancaman Berbahaya

Pendiri penjelajahan di dunia maya, world wide web (www), Sir Tim Berners-Lee mengatakan bahwa sejumlah situs pertemanan seperti Facebook, LinkedIn serta beberapa situs pertemanan adalah sebuah ancaman.

Dikutip dari Sydney Morning Herald, Rabu (24/11/2010), sejumlah situs itu sukses besar seperti Facebook dan perusahaan telekomunikasi terbesar mulai menjauh dari prinsip awal pendirian world wide web.

“Sejumlah situs pertemanan itu tak memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk memilih informasi dan membuat web menjadi sesuatu yang masuk ke dalam pulau-pulau terpisah,” ujarnya. Google menyalahkan Facebook membuat 500 juta penggunanya tak bisa berbuat apa-apa dengan kontak data serta informasi personal yang pada akhirnya akan menimbulkan kesan terperangkap.

“Web mengalami evolusi yang sudah luar biasa dan alat yang bisa digunakan untuk membangun kesetaraan prinsip,” jelasnya meski ia mengakui web kini mengalami ancaman besar dalam banyak jalan yang berbeda.

“Semakin Anda masuk,semakin membuat Anda terkunci di dalam. Situs pertemanan sosial menjadi pusat platform dan tidak memberikan Anda kekuatan untuk mengontrol informasi tersebut,” ujarnya.

Sir Tim mengkhawatirkan jika Facebook menjadi sangat besar maka akan memonopoli informasi yang membatasi sebuah inovasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s