Microsoft Tantang Blogger Muda Indonesia Untuk Buat Perubahan

Microsoft melalui ajang “Microsoft Bloggership” mencari blogger muda yang mampu menggunakan teknologi secara efektif dan efisien untuk memberi kontribusi positif bagi Indonesia.

Pendaftaran Microsoft Bloggership periode 2010-2011 telah resmi dibuka. Bloggership merupakan penghargaan khusus bagi blogger muda yang berpikiran maju dan terbuka, memiliki gaya penulisan blog yang menarik. Juga mereka yang peduli pada isu-isu edukasi dan pemanfaatan teknologi bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat.

Tema Bloggership tahun ini adalah “Saving Your Social Energy and Stay Connected.” Peserta Bloggership diminta menulis satu artikel di blog masing-masing mengenai kontribusi mereka kepada diri sendiri, masyarakat, bahkan negara, dengan bantuan teknologi.

“Peserta dapat menulis ide kontribusi yang akan diberikan,” kata Yvonne Tirtoprodjo, Marketing Communication Director PT Microsoft Indonesia dalam siaran pers yang diterima Jumat (19/11).

“Namun, peserta yang merasa telah memanfaatkan teknologi untuk memberi kontribusi nyata kepada diri sendiri, komunitas, atau masyarakat, juga dapat menulis mengenai apa yang telah mereka lakukan dan hasil yang telah dicapai.”

Peserta juga diminta menuliskan mengenai bagaimana mereka dapat menggunakan teknologi secara efektif dan efisien, sebagai upaya menanggulangi pemborosan energi.

Penerima penghargaan Bloggership akan menerima dana Bloggership sebesar Rp15 juta, sebuah gadget, perjalanan ke berbagai provinsi di Indonesia bersama Microsoft Indonesia. Pemenang juga berhak berbagai mengikuti pelatihan bersertifikat dari Microsoft Indonesia.

Sejak diluncurkan pada 2008 lalu, Microsoft Bloggership telah memberikan penghargaan ini kepada dua blogger muda Anandita Puspitasari (http://nonadita.com) dan Nico Wijaya (http://sekarduside.com).

Pemenang Microsoft Bloggership 2009, Anandita Puspitasari mengungkapkan pengalaman yang ia dapatkan selama menyandang gelar Bloggership.

”Dengan memenangkan Microsoft Bloggership 2009 ini, saya mendapatkan publikasi yang luas dan bertemu banyak kenalan baru,” kata Anandita.

“Tapi secara pribadi, saya merasa beruntung sekali karena bisa melihat sendiri sesuatu yang menjadi minat saya sejak dulu. Yaitu program sosial yang memperlihatkan bagaimana pemanfaatan teknologi dan Internet sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Baik di bidang pendidikan, untuk menaikkan taraf hidup, dan meningkatkan penghasilan.”

Menurut Enda Nasution, anggota “steering committee” Pesta Blogger + 2010, penghargaan semacam ini akan menghasilkan dampak yang sangat positif untuk memberikan semangat dan penghargaan bagi Blogger Indonesia.

“Sampai tahun 2010 ini, estimasi jumlah blogger di Indonesia sudah mencapai 3,3 juta orang. Jumlah yang kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan konten lokal yang masih kurang dan pengguna jejaring sosial lain yang lebih banyak,” kata Enda.

Enda menambahkan program ini akan menyemarakkan dunia media sosial dan Internet, khususnya komunitas-komunitas blogger di Indonesia.

Syarat lengkap mengenai Microsoft Bloggership dapat dilihat di situs http://pestablogger.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s