Jaringan Data Mobile Dunia Capai 20,4 Miliar GB Tahun 2015

Pada tahun 2015, trafik jaringan mobile dunia diperkirakan akan membengkak menjadi 20,4 miliar gigabyte. ABI Research memperkirakan pada akhir tahun 2010, para pengguna mobile akan menghasilkan lebih dari 3,7 miliar gigabyte (GB)untuk trafik suara dan data.

Pertumbuhan cepat di sektor ini, didiskusikan dalam acara Huawei Asia Pacific CTO Forum yang ke-4, bertemakan ‘Mobile Internet: Today and Tomorrow’, di Hongkong pekan ini. Penggunaaan smartphone dapat ditemukan di setiap pasar. Permintaan tidak hanya berasal dari Jepang, Taiwan dan Australia, namun juga dari Indonesia, India, Filipina dan China.

“Pada tahun 2012 sekitar 2,6 miliar gigabyte untuk trafik jaringan mobile yang dihasilkan di wilayah Asia Pasifik akan melebihi gabungan total trafik jaringan mobile dari Eropa Timur, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika,” kata Jake Saunders, Vice President for Forecasting di ABI Research.

Pesatnya pertumbuhan layanan mobile broadband, evolusi jaringan merupakan salah satu faktor penting untuk membedakan layanan operator pada masa sekarang. Karena itu, Huawei mengindikasikan bahwa pertumbuhan mobile internet membutuhkan koordinasi yang sangat efektif antara terminal, pipa, dan cloud platform.

“Tanpa infrastruktur cloud computing yang didukung jaringan yang kuat, smartphone dan tablets akan kehilangan banyak kemampuannya dan hanya menjadi sebuah mainan mahal untuk orang dewasa,” kata Bapak Weimin Ying, Presiden – LTE network product line for Huawei Technologies.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s