Hanya 8 Persen Pemakai Facebook Berbicara Jujur Selebihnya Adalah Pembohong Akut

Penelitian menunjukkan seseorang lebih sering berbohong ketika ‘berbicara’ melalui situs jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook ketimbang berbicara ‘face to face’.

Sebuah survei yang dilakukan Optimum Research terhadap 2.012 orang mengungkapkan hanya 8 persen orang yang berkata jujur ketika berkomunikasi melalui Facebook atau pesan teks lainnya. Sepertiga dari responden mengaku berkata jujur ketika berbicara secara langsung dengan seseorang.

Menurut psikolog Glenn Wilson, teknologi modern seperti smartphone, jejaring sosial dan pesan instan menjadi inovasi untuk berinteraksi dan menghilangkan hambatan percakapan. “Teknologi juga bisa membuka wacana seseorang,” katanya.

Namun, lanjut Glenn, terkadang memang dibutuhkan interaksi langsung, misalnya bertemu kemudian berbicara dan membaca bahasa tubuh lawan bicara. “Ini bisa menunjukkan ketulusan seseorang,” katanya

Sedangkan hal yang paling sering dibohongi ketika berbicara di Facebook adalah kebahagiaan, kesuksesan dan ketaatan beragama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s