Bayar Kopi Starbuck Dengan Kartu Digital

Starbuck boleh jadi gerai kopi yang paling tahu keinginan pelanggannya. Sekaligus tak alergi dengan teknologi IT, khususnya ponsel. Tempo hari, perusahaan ini mengembangkan layanan pembayaran digital bergerak bernama Starbuck Card Mobile payment. Aplikasi yang dibuat adalah untuk platform BlackBerry, iPhone, dan iPad. Proses uji coba itu tampaknya tak mengalami kendala.

Langkah ini diambil Starbuck karena begitu banyak permintaan dan ide melakukan pembayaran lewat ponsel. “Teknologo mobile adalah bagian dari kehidupan rutin para pelanggan kami. Kami juga melihat begitu banyak orang yang menggunakan ponsel sebagai dompet mobile mereka,” kata Brady Brewer, VP Starbuck Card and Loyality.

Brewer mendengarkan komentar dari pelanggan gerai kopinya itu. “Mereka membutuhkan kecepatan (pelayanan, RED) dan pembayaran yang lebih menyenangkan. Karena itulah kami menawarkan hal ini kepada pelanggan di New York dan Long Island,” lanjutnya menyebut dua kawasan yang menjadi proyek percontohan.

Keputusan ini juga berdasarkan riset yang menyatakan bahwa 71 persen pelanggan Starbuck menggunakan BlackBerry dan iPhone. Lewat program Starbuck Card Mobile ini sebelumnya tercatat pelanggan melakukan isi ulang alat bayar hingga mencapai 1 milyar dollar selama 2010 ini saja. Sementara itu penjualan kartu juga mengalami kenaikan sampai 17 persen.

Hal ini menandakan bahwa tren pembayaran macam ini sudah mulai disukai, sekaligus dalam rangka mengurangi produksi kartu Starbuck versi tradisional yang terbuat dari plastik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s