Hati Hati Menjual Ponsel Karena 60 Persen Gambar Telanjang Pemilik Didapat Dari Penjualan Ponsel Bekas

Meskipun pemilik yakin sudah membersihkan data-data dari ponsel mereka, ternyata setelah diteliti, sejumlah ponsel masih menyimpan sejumlah data antara lain foto-foto pribadi, nomor kartu kredit, ataupun PIN.

Dari analisis yang dilakukan terhadap 50 jenis handset yang dibeli dari tangan kedua di eBay ditemukan bahwa setengah dari jumlah itu tersimpan pesan pribadi ataupun foto. Penelitian ini dilakukan oleh lembaga peneliti Disklabs.

Bahkan, lebih dari 60 persen ponsel itu masih menyimpan nomor-nomor yang pernah di telepon bahkan juga gambar-gambar porno.

“Hal terburuk adalah konsumen berpikir atau berasumsi bahwa siapapun yang membeli ponsel bekas itu akan menghapus semua data,” ujar Direktur Disklabs Simon Steggles. Menurutnya, segala data yang ada di ponsel itu terbuka untuk publik.

“Ini bisa bervariasi antara lain foto-foto intim, video, dan juga pesan pribadi. Jika mereka menekan tombol delete dan merasa data itu sudah terhapus maka anggapan itu salah. Sejumlah peneliti juga menemukan informasi pribadi termasuk alamat rumah, nomor kartu kredit, di antara 26 ponsel bekas tersebut.

Sembilan dari handset itu memiliki International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang sudah diubah.Data tersimpan di tempat yang berbeda dan tergantung dari model hardware, software, dan juga preferensi pengguna. Menghapus SMS bukan berarti menghapus semua data tersebut dari ponsel. Meminta pihak perusahaan me-reset ponsel itu adalah cara aman untuk menghapus semua data pribadi sebelum ponsel dijual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s