Cara Mendengarkan Radio dan Nonton TV Sambil Ber Facebook Ria

Menonton TV dan mendengarkan radio mungkin hal jamak bagi MuDAers. Akan tetapi, bagaimana kalau menonton TV atau mendengarkan radio sambil ber-Facebook ria?

Inovasi inilah yang kami ciptakan. Sebuah aplikasi Facebook multimedia all in one, di mana teman-teman bisa ”bermain” Facebook sambil menonton TV atau mendengarkan radio. Kalau penasaran, langsung buka http://apps.facebook.com/acim_fans.

Aplikasi yang kami kembangkan awal Juni 2010 ini difokuskan pada multimedia yang sifatnya aktif sekaligus mendidik. Teman-teman tak hanya bisa menonton TV atau mendengarkan radio, tetapi juga mengambil pelajaran dari apa yang dinikmati pada aplikasi ini.

Awal pembuatan

Ide pembuatan aplikasi ini timbul karena di sekolah kami ada larangan menonton TV, kecuali pada hari libur. Aplikasi ini kami buat agar bisa menonton televisi kapan pun, sesuai dengan keinginan hati.

Pembuatan aplikasi ini memakan waktu tiga hari. Kami membuat aplikasi ini dengan memadukan bahasa pemrograman facebook farkup language (fbml).

Selama proses itu berlangsung, kami sampai pusing karena kadang tak mengerti. Syukurlah, semua persoalan dan kendala terpecahkan dengan baik.

Proses lebih lama pada pengembangan ide yang memakan waktu berbulan-bulan. Soalnya, setelah kami sukses membuat aplikasi TV, teman kami menyarankan agar Facebook tak hanya untuk menonton TV, tetapi juga konten yang lain.

Hal inilah yang membuat kami berpikir ulang, dan kembali merombak pekerjaan hingga berhasil memasukkan siaran radio dalam aplikasi. Untuk lebih jelasnya, kami akan sedikit menjelaskan kepada MuDAers isi konten aplikasi kami. Yuk….

Konten Aplikasi

Biar kita tidak perlu berebut remote control saat menonton TV, bisa mencoba aplikasi ini. Kita hanya perlu membuka Facebook, masuk http://apps.facebook.com/acim_fans, dan simsalabim… kita bisa menonton siaran dari TV Indonesia. Malah siaran TV dari luar negeri pun bisa dinikmati.

Kita juga bisa mendengarkan siaran radio. Stasiun radio yang kami buat tak hanya dari satu daerah, tetapi juga dari seluruh stasiun radio di Indonesia yang namanya sudah akrab di telinga. Pasti asyik, kan membuka Facebook diiringi lagu-lagu favorit dari stasiun radio kesayangan kita.

Kalau kemudian MuDAers ada yang ingin mendiskusikan seputar program TV yang ditonton, atau mau mendiskusikan apakah tayangan TV dan siaran radio itu bermanfaat atau tidak, MuDAers bisa berdiskusi.

Tak perlu terpaku untuk mendiskusikan tayangan TV atau siaran radio, topik apa saja bisa didiskusikan lewat aplikasi ini.

Ini adalah salah satu konten terbaru yang kami ciptakan karena fenomena narsis di depan kamera. Konten yang satu ini memungkinkan kita untuk meng-upload video-video. Syaratnya, video itu harus di-upload di Youtube, baru dimasukkan ke konten our video. Ini enggak cuma ditonton, tetapi bisa juga dikomentari.

Konten yang satu ini kami buat untuk membuktikan keaktifan teman-teman pada aplikasi ini. Setiap membuat pertanyaan, teman-teman akan mendapatkan poin. Nah, poin ini akan menjadikan teman-teman sebagai anggota favorit karena ”lumayan” dikenal banyak facebooker.

Ini salah satu konten andalan kami. Kita tak hanya berdiskusi, tetapi juga bisa chatting dengan pengunjung aplikasi ini. Dengan begitu kita bisa berbagi pengalaman atau mendiskusikan sesuatu secara langsung.

Akan tetapi, tetap ya, di chat yuk, ada kata-kata yang kami saring. Ketika teman-teman mengatakan hal yang jorok atau tak pantas, akan langsung disensor.

Nah MuDAers, itulah seputar aplikasi yang kami buat. Alhamdulillah aplikasi ini telah memenangi beberapa lomba aplikasi Facebook.

Kami senang karena hasil kerja ini terbayar lunas. Sebuah inovasi yang mendidik, kami ciptakan untuk kita semua. Selamat menikmati.

9 responses to “Cara Mendengarkan Radio dan Nonton TV Sambil Ber Facebook Ria

  1. hi q bru gbung ni..

  2. Let me joint

  3. You may use these HTML tags and attributes:

  4. EH GI MN SIH CARA GABUNG NYA SUSAH BNRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR

  5. bagus bwt penbelajaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s