Cara Mengatasi Virus Zero Trojan Dari Norton Antivurs

Norton, salah satu perusahaan anti virus ternama di dunia, memberikan beberapa tips untuk terhindar dari virus berbahaya Zeus Trojan.

Zeus Trojan dirancang untuk tujuan memperoleh akses terhadap rekening bank. Cara kerja virus tersebut dengan menginstal keystroke logger untuk mengumpulkan informasi login dan password, dan memindai mesin untuk memperoleh password yang tersimpan.

Virus ini dapat menyisipkan permintaan mengetik nomor PIN yang benar dalam halaman Web sebagai persyaratan tambahan, tanpa disadari oleh pengguna, kata Norton dalam siaran persnya.

Pemerintah Amerika Serikat mengklaim lebih dari enam puluh orang yang menggunakan program komputer jahat yang dikenal sebagai Zeus Trojan untuk mencuri uang bernilai jutaan dolar.

Orang-orang ini diyakini merupakan bagian dari sebuah sindikat kejahatan cyber internasional yang mempekerjakan kurir pencucian uang (money mules) untuk membuat rekening bank dan membantu mentransfer uang yang dicuri.

Menurut Norton Cybercrime Report, yang dirilis bulan lalu, 79 persen responden di seluruh dunia berkeyakinan bahwa penjahat cyber tidak akan bisa dibawa ke pengadilan.

Berikut tips untuk menghindari kejahatan cyber menggunakan Zeus Trojan:

Pertama, jika lembaga bank meminta nomor pin ATM kamu, jangan dipatuhi hanya karena datangnya dari perusahaan yang dipercayai karena itu merupakan pekerjaan penjahat cyber yang ingin menguras rekening kamu. Telepon langsung bank kamu untuk memastikan sebelum memberikan informasi pribadi.

Kedua, buat password online yang mencakup angka dan simbol, sehingga tidak mudah dipecahkan, diubah setiap beberapa bulan, dan pastikan tidak disimpan di dalam komputer anda atau tempat umum.

Program seperti Zeus didesain untuk memindai perangkat anda untuk menemukan password yang disimpan dan kemudian mengirimkannya ke para penjahat cyber di seluruh dunia.

Terakhir, gunakan solusi keamanan yang terpercaya: Gunakan software keamanan terpercaya yang memastikan kamu terlindungi dari virus, worm dan ancaman-ancaman lain ketika surfing di Internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s