Microsoft Akan Tindak Tegas Para Pembajak Software

Microsoft menegaskan tidak akan mentolerir perilaku yang membuat dealer komputer, perusahaan, dan konsumen menanggung risiko karena menggunakan perangkat lunak bajakan.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA News Rabu, Jonathan Selvasegaram, Legal Advisor for Intellectual Property Microsoft mengatakan, pihaknya sudah mengambil pendekatan yang bersifat edukatif sebelumnya, tapi juga menyadari kebutuhan akan tindakan yang lebih ‘tegas’.

Hal itu perlu untuk melindungi pembeli dari masalah keamanan dan virus yang bebas ikut terbawa di dalam perangkat lunak bajakan.

Tingginya ancaman kejahatan cyber seperti phishing, hacking dan perangkat lunak palsu, keamanan menjadi agenda utama bagi Microsoft untuk meyakinkan perusahaan dan konsumer untuk memiliki perangkat lunak yang asli dan aman di dalam komputer mereka.

Microsoft sedang melakukan tindakan anti pembajakan untuk mengidentifikasi para penjual PC yang diketahui menjual PC baru yang di-install dengan perangkat lunak Microsoft bajakan kepada pembeli yang bermaksud membeli perangkat lunak asli.

Kampanye anti-pembajakan itu akan dilakukan selama 6 bulan ke depan berupa komunikasi langsung dengan penjual komputer sedang dilakukan pada saat ini.

“Dalam tiga tahun terakhir, kami telah menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk mengedukasi para dealer komputer mengenai kerugian akibat penjualan PC yang sudah terisi dengan perangkat lunak bajakan,” katanya.

Dalam kampanye tersebut, penyidik swasta akan melakukan pembelian komputer baru secara acak dan mengirim komputer-komputer tersebut ke teknisi perangkat lunak yang akan menguji apakah komputer tersebut dijual dengan perangkat lunak asli dan berlisensi atau tidak.

“Kami telah melakukan survei dan mengeluarkan surat yang bersifat edukatif dan peringatan kepada lebih dari 2000 dealer,” katanya.

Dealer yang menjual komputer dengan perangkat lunak asli akan menerima surat penghargaan dari Microsoft, sedangkan mereka yang tidak lulus akan menerima surat tuntutan hukum yang akan dikenakan tuntutan hukum perdata atau dilaporkan kepada pihak Kepolisian untuk menghadapi tuntutan pidana.

“Dealer yang menawarkan komputer dengan perangkat lunak bajakan tidak hanya membuat penjual menghadapi menghadapi resiko berupa tindakan hukum dari kepolisian juga resiko berupa  masalah keamanan karena menggunakan perangkat lunak bajakan,” katanya.

One response to “Microsoft Akan Tindak Tegas Para Pembajak Software

  1. saya seorang tetangga dari murid smk pemdes ujungbatu, yg resah dan iri melihat gurunya yang menjual copyan windows xp kepada murid-muridya oleh sebab itu saya melaporkan kepada microsoft dengan laporan sebagai berikut
    Seorang guru smk pemdes ujungbatu riau
    kecamatan ujungbatu
    kabupaten rokanhulu
    provinsi riau
    telah melakungan pembajakan/ penggandaan windows xp dan kemudian menjual kepada murid-murid dengan harga yang lumayan fantastis berkisar 10 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah setiap kepingnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s