Garansi dan Gaya Hidup Berinternet Di Indonesia

Akses kecepatan tinggi pita lebar (broadband) sudah tersedia secara luas dan terus dipacu dengan pesaingan semakin tajam tidak hanya di antara operator penyedia jasa layanan akses kecepatan tinggi seluler, tetapi juga para penyedia perangkat keras untuk mengakses jejaring pita lebar tersebut.

Di sisi operator ada upaya mendorong konsumen untuk menggunakan akses data secara lebih ekstensif, di mana saja kapan saja. Akses nirkabel memanfaatkan jejaring seluler yang tersedia di berbagai kota besar, setidaknya menjadi bagian penting untuk mengatasi persoalan titik terakhir (end of miles) tempat-tempat yang tidak terjangkau akses broadband ADSL maupun penggunaan jejaring serat optik.

Kenyataan ini mendorong juga terjadinya persaingan yang ketat penjualan perangkat keras untuk bisa mengakses akses seluler yang sering disebut sebagai koneksi 3G (atau 3,5G) yang mampu untuk menghadirkan kecepatan download sampai dengan 7,2 Mbps dan kecepatan upload sampai dengan 5,76 Mbps.

Perangkat yang sering disebut sebagai modem USB ini menjadi tuntutan konsumen di mana-mana karena memang pada kenyataannya mengakses jejaring internet kecepatan tinggi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Setiap bulannya, penjualan modem USB diperkirakan mencapai lebih dari 100.000 unit dari berbagai macam merek, termasuk merek lokal melalui jasa OEM (original equipment manufacturing).

Tiga tahun

Di tengah persaingan ini, MLW Telecom, yang memiliki jaringan kerja sama dengan berbagai operator seluler di Indonesia dan memperdagangkan modem USB dengan merek SpeedUp, secara berani mendorong produk-produknya ke pasaran dengan jaminan garansi selama 36 bulan, termasuk pergantian produk 1-to-1.

Ada tujuh jenis modem USB SpeedUp yang dijamin garansi 36 bulan, yakni SpeedUp SU-8650U, SU-8000U, SU-8600U, SU-9000U, SU-9500U, SU-9300U, dan SU-9000U seri Tadashi Shoji. Modem USB dengan garansi paling lama yang dilakukan bersama operator seluler ini dijual dengan harga mulai dari Rp 499.000 sampai Rp 799.000.

Modem USB SpeedUp termasuk yang paling mudah untuk digunakan karena pengguna hanya perlu memasukkan SIM card, memasukkannya ke rongga USB pada komputer, dan secara otomatis koneksi akses seluler kecepatan tinggi bisa segera dilakukan.

Kecepatan akses maksimal akan sangat tergantung dari pengaturan yang dilakukan operator seluler karena umumnya modem USB jarang sekali memiliki masalah dalam akses koneksi jejaring internet. Dan, koneksi juga akan sangat tergantung dari layanan kualitas koneksi yang disediakan operator pada daerah tertentu, termasuk juga kapasitas yang tersedia di sekitarnya.

Desain gaya hidup

Selain garansi selama 36 bulan, salah satu modem USB SpeedUp yang menarik adalah rancang desain pada seri Tadashi Shoji yang secara khusus merancang SU-9000U dengan warna hijau dan merah. Tadashi adalah desainer ternama kelahiran Jepang yang memiliki rumah fashion Tadashi di Los Angeles, AS.

Menurut Rahmat Wijaya Sakti, Direktur Produk dan Pemasaran PT MLW Telecom, SU-9000U seri Tadashi Shoji dirancang sendiri oleh Tadashi dan mendapat inspirasi ketika berada di Kamboja dan menghasilkan pola alur alamiah dan geometris yang diilhami oleh pohon beringin yang tersebar di banyak negara Asia.

Gagasan memperkenalkan seri ini menjadi menarik karena memang tidak terhindari, kemajuan teknologi komunikasi informasi yang menjadi komoditas harus mampu memberikan diferensiasi dan mengangkat gaya hidup penggunanya.

Ini penting untuk menjadikan kolaborasi antara kemajuan teknologi komunikasi informasi dan sektor lain seperti industri desain, menjadi kesatuan menarik untuk berkembang bersama. Mungkin para operator seluler dan perangkat lunak modem USB juga mulai memikirkan untuk menghadirkan rancangan desainer Indonesia yang juga tidak kalah menarik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s