Google Mengeluarkan Real Time Search Terbaru Untuk Twitter dan Facebook

Google kini punya layanan pencarian ‘real time’ dengan menampilkan hasil pencarian yang aktual, misalnya ‘postingan’ di Twitter atau jejaring sosial lainnya.

Google adalah mesin pencari yang digunakan oleh hampir semua orang untuk menemukan hampir semua topik.

Tetapi, seperti yang dikutip The New York Times, dengan berkembangnya situs berlayanan ‘real time‘, maka Bing dan Twitter Search menjadi lebih berguna untuk mereka yang ingin informasi cepat.

Ambil gempa bumi sebagai contoh. Untuk belajar tentang gempa bumi atau melihat rekaman tentang gempa bumi banyak orang yang akan mengunjungi Google.

Tetapi ketika sedang duduk di sofa dan tiba-tiba merasakan goncangan, sebagian besar dari mereka akan pergi ke Twitter untuk melihat apakah ada yang merasakan hal yang sama.

Dengan mengunjungi google.com/realtime, orang bisa menelusuri kejadian atau postingan yang dilaporkan beberapa detik yang lalu melalui Twitter, Facebook, Buzz, Friendfeed, MySpace, Jaiku, dan Identi.ca.

Teknologi baru google itu hadir setahun setelah Google diizinkan mengakses aliran data Twitter. Baik Google maupun Bing sejak Oktober 2009 telah membayar untuk data dari Twitter.

Bing menayangkan hasil penelusuran ‘real time’-nya dengan cepat di laman bing.com/social. Sementara Google perlu lebih banyak waktu untuk menayangkan hasil pencariannya dan memasukannya ke halaman utamanya hanya ketika topik itu memiliki elemen ‘real time’.

Misalnya, jika melakukan pencarian tentang topik Tiger Woods hari ini mungkin akan ditemukan banyak ‘postingan’ tentang turnamen maupun perceraiannya. Tetapi silakan coba lagi di lain waktu, mungkin tidak akan ditemukan hasil pencarian yang ‘real time‘.

Menurut Dylan Casey, manajer produk Google, orang akan menggunakan google.com/realtime ketika mereka ingin mencari topik tertentu yang sedang hangat dibicarakan atau saja baru terjadi.

“Fokus kami selalu pada menyediakan jawaban yang paling tepat dan kadang kala jawaban yang tepat datang dari indeks pencarian real time,” Casey menjelaskan.

“Tetapi kadangkala para pengguna tahu betul apa yang mereka cari dan menginginkan hasil ‘real time’,” sambung Casey.

Hasil pencarian bisa disaring dengan lokasi dan mendaftar untuk mendapat pemberitahuan melalui akun email. Dalam beberapa kasus mereka bisa melihat obrolan antara beberapa pengguna Twitter, sesuatu yang sulit dilakukan di situs Twitter sendiri.

Hasil pencarian real time Google berdasarkan banyak elemen seperti berapa banyak ‘follower’ atau teman dari pemilik akun itu, seberapa sering topik itu ditulis, dan berapa kali orang memposting kembali tulisannya.

“Kami mencoba untuk menyeimbangkan kekinian dalam arti menyediakan hasil pencarian real time yang terkini dan juga yang berkualitas,” pungkas Casey.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s