Menelaah Inti Kekuataan dan Roh Super Komputer

Bagi kebanyakan komputer di pasaran, tapi tidak banyak komputer (terutama dalam kategori notebook) yang bisa disebut sebagai komputer super. Super dalam arti memiliki kinerja yang prima, ”berotot”, bekerja sangat cepat, dan menjadi idaman para remaja yang menginginkan sebuah mesin komputer canggih yang bisa digunakan untuk keperluan apa saja, termasuk gaming.

Ada dua komputer yang dicoba Kompas dan masuk dalam kategori super ini, yaitu seri Alienware M17x dan M15x buatan Dell yang memang menjadi notebook istimewa yang diperkenalkan di Indonesia. Kedua seri Alienware ini menjadi super, terutama dalam penampilan fisiknya yang menggunakan monitor 17 inci (diagonal 43,18 cm) maupun 15 inci dan bobotnya yang berat mencapai lebih dari 4 kilogram.

Secara desain, Alienware yang berbeda ukuran monitor dan spesifikasi perangkat keras ini merupakan kombinasi antara pesawat ruang angkasa dan logo makhluk luar angkasa Alienware, dan rancangan mobil mewah sejenis Aston Martin atau Batmobile yang digunakan Batman.

Alienware adalah kombinasi antara kekuatan, keindahan, dan roh komputer modern yang bisa melakukan tugas apa pun. Dikemas dalam aluminium yang dianoda, rancang desain notebook futuristik yang mengasyikkan bagi siapa pun untuk penggunaan komputasi biasa atau gaming dengan tampilan definisi tinggi (HD).

Alienware M17x menggunakan prosesor Core2Duo P8600 kecepatan 2,4 GHz, memiliki memori 2GB, dan penyimpan digital hard disk sebesar 160GB, cukup untuk menyimpan berbagai permainan digital yang mampu menampilkan definisi tinggi (HD). Menggunakan prosesor grafik ATI Radeon HD 4850, berbagai permainan digital menjadi lebih nyata tampil di monitor 17 inci yang menghadirkan resolusi 1440 x 900 piksel.

Superioritas

Alienware M15x memiliki ukuran monitor yang lebih kecil dibandingkan dengan M17x, tetapi memiliki rancangan serupa dengan kemasan aluminium dianoda. Bedanya, M15x memiliki spesifikasi perangkat keras yang lebih canggih, menggunakan prosesor terbaru Core i7 Q720 buatan Intel Corporation dengan kecepatan 1,6 GHz.

Perbedaan lain yang juga mencolok adalah penggunaan prosesor grafik NVIDIA GeForce GTX 260M dengan kapasitas memori 1GB. Dengan memori 4GB, Alienware M15x memiliki resolusi yang lebih tajam menghasilkan definisi tinggi 1920 x 1080 piksel.

Sekilas tidak ada perbedaan mencolok antara M17x dan M15x. Untuk kategori notebook, produk Alienware ini tidak bisa dipegang satu tangan karena sangat berat dan terkesan sangat kokoh. Ukuran layar monitornya sendiri dalam memainkan beberapa seri permainan digital, seperti Modern Warfare 2 atau Sniper Ghost Warrior, menghasilkan pengalaman sama mampu menghadirkan ketegangan permainan menjadi lebih nyata.

Sebagai notebook super, harga kedua produk Alienware juga termasuk super, mendekati Rp 50 juta atau sepuluh kali lebih mahal dari harga netbook yang sangat populer di pasaran. Tapi, kinerja yang dihasilkan oleh notebook Alienware ini mampu memuaskan para penggemar game ataupun mereka yang mengandalkan keseluruhan aktivitasnya secara digital.

Komputer super Alienware ini memang tidak ditujukan bagi konsumen awam atau para pekerja yang memerlukan mobilitas tinggi. Secara teknologi, Alienware M17x dan M15x adalah gabungan komponen canggih, desain yang kuat, serta kualitas rancangan netbook yang sangat diandalkan. Alienware adalah simbol superioritas komputer notebook.

One response to “Menelaah Inti Kekuataan dan Roh Super Komputer

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat. Nice Info.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s