Konvergensi Televisi Digital Definisi Tinggi Tak Terelakkan

Digitalisasi tidak hanya menghadirkan kecepatan akses komunikasi dari satu titik ke titik lain, tetapi juga memberikan makna baru kemajuan teknologi komunikasi informasi mengembangkan multimedia sebagai bagian dari apa yang disebut konvergensi multitingkat. Konvergensi teknologi dan informasi menjadi tuntutan abadi kemajuan dan inovasi.

Kemajuan ini sering disebut sebagai triple-play (main-3), menggabungkan kemajuan yang dicapai dalam teknologi suara (termasuk fitur telefoni di dalamnya), teknologi data beserta aplikasi meningkatkan produktivitas, serta teknologi video yang tidak bergerak satu arah tetapi multiarah untuk berbagi dan berinteraksi.

Ditambah kemajuan teknologi multimedia, kehidupan digital kita pun terus-menerus menuntut kita untuk mengubah cara kita mencipta, mengonsumsi, belajar, serta berinteraksi satu sama lain. Fenomena ini secara jelas muncul ketika jejaring sosial menjadi tren penting kemajuan teknologi komunikasi informasi dalam aplikasi Facebook, Twitter, dan sejenisnya.

Kehadiran kabel serat optik memungkinkan main-3 menjadi kenyataan menyenangkan dan secara pasti mengubah berbagai sektor industri, terutama jasa dan hiburan. Salah satunya adalah teknologi televisi, mampu menghadirkan pengalaman hiburan yang sama sekali berbeda menyamakan kesenangan sinematik bioskop layar lebar.

Saluran pipa digital kabel serat optik menjadi tidak terbatas bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Keperluan itu mulai dari layanan telekomunikasi telefoni secara digital, akses data pipa lebar kecepatan tinggi (broadband), maupun berbagai layanan video, mulai dari konferensi video sampai hiburan televisi menghadirkan kualitas definisi tinggi (HD) menampilkan tayangan mendekati kenyataan.

Suasana sinematik

Upaya ini diwujudkan oleh PT First Media Tbk ketika awal Agustus ini menyediakan layanan langganan TV berbayar Kabelvision dengan kualitas tayangan HD. Layanan ini adalah yang pertama di Indonesia memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi informasi dan menjadi momentum penting kehadiran siaran TV definisi tinggi.

Kehadiran tayangan televisi HD jadi penting karena menjadi cakrawala era digitalisasi membuka kesempatan untuk menciptakan dan pemanfaatan bagi siapa pun untuk ikut serta memberikan kreativitas dengan kemudahan digitalisasi ini.

Walaupun layanan tayangan HD Kabelvision baru bisa menghadirkan dua saluran, yaitu HBO HD dan ESPN HD, kedua kanal berbayar ini cukup menggambarkan kehadiran perubahan cara kita menonton dalam suasana sinematik yang setara dengan menyaksikan layar lebar di bioskop.

Saluran ESPN HD, misalnya, secara tajam menampilkan berbagai pertandingan pada TV layar lebar Samsung Series 7 ukuran 46 inci yang memiliki kemampuan definisi tinggi utuh (1080p) dan rasio kontras 6.000.000:1 menghadirkan warna-warni cemerlang. Tontonan pun seolah-olah berada di tengah arena.

Untuk menyaksikan saluran TV Kabelvision HD harus menggunakan perangkat set top box berbeda dengan sebelumnya, karena harus memiliki codec definisi tinggi serta dilengkapi rongga HDMI yang menyalurkan data-data digital TV yang besar melalui infrastruktur serat optik dan secara cepat masuk ke dalam layar TV.

Televisi sosial

Bagi First Media, menyediakan layanan tayangan berbayar definisi tinggi merupakan permulaan dalam penggelaran kemajuan konvergensi teknologi yang semakin tak berbatas dan tak berujung. Kesiapan infrastruktur, First Media juga akan mulai menggelar teknologi nirkabel WiMAX, dan pemahaman konvergensi digitalisasi tinggal dilanjutkan dengan sinkronisasi perluasan mulai dari pengisian berbagai tayangan definisi tinggi (seperti sinetron) sampai membangun jembatan interaksi antarpenonton.

Kehadiran tayangan definisi tinggi melalui penggelaran jaringan serat optik, memungkinkan melalukan interaksi menggabungkan berbagai gagasan, menjadikan sarana berkumpul, berbagi, dan berbuat bagi siapa pun di mana pun.

Selain kualitas tayangan TV dalam bentuk hiburan berkualitas, teknologi dan layanan First Media juga bisa dikembangkan menjadi sarana seperti jejaring sosial menjadi komunikasi TV sosial semacam YouTube tetapi di TV.

Digitalisasi, definisi tinggi, jejaring serat optik, dan berbagai kemajuan teknologi komunikasi informasi bila dikombinasi dan diberi isian dan makna tepat bisa menjadi kemajuan dan penemuan penting bagi siapa saja. Semua ini akan sangat tergantung dari bangunan kolaborasi yang bisa dibangun untuk mewujudkan ini semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s