Produk Terbaik Teknologi Informatika Terkini

Selama lebih dari delapan bulan ini, kemajuan teknologi komunikasi informasi menghadirkan fenomena yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dominasi atas produk dan jasa teknologi komunikasi informasi mulai goyah dengan kehadiran para pemain baru yang meraih sukses di bidang perangkat lunak dan perangkat keras.

Ketika Apple Inc memperkenalkan iPad, menjajakan komputer tablet dengan fitur layar sentuh, semua orang berdecak, baik dari khalayak konsumen maupun kalangan industri. Belum pernah terjadi perkembangan teknologi komunikasi informasi, gadget yang dipaksakan untuk digunakan konsumen bisa terjual sebanyak tiga juta unit hanya dalam dua bulan.

Kehadiran iPad merupakan tonggak penting bagi industri teknologi kalau dominasi yang selama ini menjadi hegemoni Wintel (sistem operasi Windows buatan Microsoft dan prosesor buatan Intel Corporation) lebih dari dua dekade, tiba-tiba terdorong ke tepian didesak pemain baru, seperti Android buatan Google atau prosesor ARM maupun Snapdragon buatan Qualcomm.

Atau ponsel Nokia yang menguasai pangsa pasar ponsel berbagai jenis mulai tergeser dengan kehadiran pendatang baru perusahaan-perusahaan manufaktur asal daratan China atau Korea Selatan. Lanskap teknologi komunikasi informasi berubah drastis berbeda dengan dekade sebelumnya.

Dekade mendatang bisa jadi kita tidak akan melihat lagi hegemoni Wintel menguasai berbagai perangkat teknologi komunikasi informasi dalam kehidupan kita. Banyak pemain baru dengan berbagai inovasi dan gadget futuristik menyederhanakan pekerjaan dan persoalan kita dan mengubah cara kita belajar, bermain, dan menghibur diri penuh dengan digitalisasi di mana-mana.

Fenomena lain adalah menurunnya skala ekonomi manufaktur produk-produk teknologi komunikasi informasi yang sangat terjangkau untuk konsumen kebanyakan. Umumnya, komputer netbook sekarang dijual sekitar Rp 5 juta, sedangkan ponsel yang paling murah sekarang dijual sekitar Rp 250.000.

Kita akan memasuki sebuah dekade yang akan mengubah lanskap kemajuan teknologi komunikasi informasi yang berbeda dengan dekade sebelumnya yang mengakhiri abad ke-20. Produk terbaik kali ini mencerminkan perubahan-perubahan yang akan terjadi pada masa mendatang.

Masa depan komputer ditentukan oleh bagaimana manusia berinteraksi dengan mesin-mesin yang semakin cerdas, seperti iPad buatan Apple Inc. Gadget futuristik iPad mengandalkan kenyamanan sistem operasi dan fitur layar sentuh yang bersahabat, menjadikan iPad menjadi perangkat teknologi yang digemari siapa saja. Pola kerja, bermain, dan berhibur memanfaatkan kemajuan digitalisasi menjadi berubah dengan kehadiran iPad yang dicari konsumen seluruh dunia. Perangkat iPad juga menjadi fenomena baru yang mengancam industri lain, seperti industri musik atau percetakan. Musik dan buku atau bacaan digital akan berubah total mengikuti kemajuan teknologi yang dihadirkan iPad. Apple Inc secara cerdas mampu memperkenalkan perangkat yang disukai dan mudah digunakan siapa saja, tidak pandang usia dan jender.

Produk iPad adalah gadget yang sangat bersahabat, mudah digunakan, dan memiliki daya tahan baterai sampai 10 jam. Digitalisasi video juga membawa perubahan melalui miniaturisasi perangkat keras, seperti produk Flip Mino HD buatan Cisco System Inc. Flip Mino mampu merekam dalam format definisi tinggi (HD) selama satu jam terus-menerus ke dalam cip penyimpan digital di dalamnya. Flip Mino dirancang untuk mengikuti kemajuan jejaring sosial digital, memungkinkan siapa saja berbagi pengalaman yang bisa dinikmati di jaringan internet. Teleponi digital sekarang menjadi kebutuhan utama bagi siapa saja untuk menghemat biaya telekomunikasi.

Transtel-Lynx sebagai perangkat private branch exchange (PBX) menjadi pilihan penting bagi usaha kecil menengah untuk mengelola perkantoran dan menekan biaya telekomunikasi untuk bisa bersaing secara global. Menggunakan teknologi protokol internet, Transtel-Lynx bisa terkoneksi dengan teknologi teleponi internet sehingga mampu terkoneksi secara proksi ke berbagai mesin-mesin voice over internet protocol (VOIP) yang sekarang banyak tersedia. Cara ini memungkinkan percakapan interlokal dan internasional menjadi lebih murah ketimbang layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi. Integrasi Transtel- Lynx dengan sistem PBX yang ada pun mudah menjadikan investasi telekomunikasi menjadi terjangkau.

Layar lebar perangkat hiburan multimedia sekarang menjadi konsumsi rumah tangga kelas menengah yang ingin menikmati hiburan secara digital, berkemampuan tiga dimensi (3D), memiliki pilihan masukan sumber hiburan beragam, dan menghadirkan mendekati kenyataan (near reality) sebagai bagian dari stimulasi hiburan yang menyenangkan siapa saja. Samsung Series 7 yang memiliki beragam ukuran 40 inci (diagonal 101,6 cm), 46 inci (116,84 cm), dan 55 inci (139,7 cm). Teve buatan Korea Selatan dengan teknologi light-emitting diode (LED) model UA46C7000WR ini menghadirkan teknologi canggih definisi tinggi (HD) yang dikemas dengan kemampuan 3D. Menghasilkan resolusi yang sangat tajam 1.920 x 1.090 piksel, Samsung Series 7 ini dirancang secara minimalis dengan dimensi yang sangat tipis, tetapi menghadirkan pengalaman sinema yang berbeda (dimensi panjang 136 cm, lebar 81 cm, dan ketebalan yang hanya 15 cm). Fitur lain yang menarik adalah Samsung Series 7 ini bisa terkoneksi ke jejaring internet, memungkinkan penonton melihat e-mail, status Facebook, ataupun mencari informasi terkait dengan video yang sedang ditonton. Pencetak foto digital di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi dan maraknya jejaring sosial digital menghadapi persoalan karena tidak banyak orang mencetak foto digital yang diambil menggunakan kamera digital ataupun ponsel yang dilengkapi kamera.

Namun, Canon asal Jepang yang memiliki teknologi canggih menghasilkan pencetak digital, memperkenalkan Selphy CP790 yang menggunakan tinta pewarna sublimasi (dye-sublimation) untuk mencetak foto-foto digital sampai dengan ukuran kartu pos. Rancangan Selphy CP790 pun menarik berbentuk seperti keranjang piknik berwarna hijau memudahkan pencetak digital ini disimpan secara ringkas. Pencetak digital seperti Selphy CP790 ini sendiri, walaupun tidak banyak digunakan, menjadi perkakas digital yang selalu diperlukan untuk mencetak foto digital untuk berbagai keperluan. Selphy CP790 bisa mencetak dalam ukuran sebesar kartu kredit, memungkinkan memiliki foto yang bisa disimpan di dalam dompet. Bagi para remaja, pencetak ukuran kecil buatan Canon ini memiliki perangkat lunak yang bisa mencetak dalam bentuk hiasan aneka ragam bingkai. Kemajuan teknologi telekomunikasi dengan jaringan 3G akses kecepatan tinggi seluler menghadirkan koneksi jaringan internet di mana saja kapan saja.

Modem 3G dalam fitur USB seperti SpeedUp SU-9300U dengan kecepatan download jaringan HSPA+ sampai dengan 21 Mbps. Kebanyakan konsumen pengguna komputer sekarang memilih menggunakan produk sejenis SpeedUp ketimbang modem build-in karena bisa digunakan oleh keluarga yang menggunakan komputer lain. Perkembangan penting dalam layar lebar adalah teknologi yang ingin dikembangkan produk proyektor digital seperti PLC-XU116 buatan Sanyo asal Jepang yang memiliki pembesaran sampai 1,6 kali dan mampu menghadirkan tayangan gambar sampai dengan ukuran 100 inci (diagonal 254 cm). Proyektor Sanyo yang dirancang untuk keperluan multimedia ini masih menggunakan teknologi LCD dengan teknologi unorganik yang mampu menghasilkan kontras rasio dengan ketajaman yang berbeda dengan teknologi LCD sebelumnya. Gabungan kontras rasio ini mampu menghasilkan kualitas dan ketajaman gambar. Produk Sanyo ini juga dilengkapi dengan koneksi nirkabel. Pencetak laser berwarna dengan fitur multifungsi menjadi pilihan untuk melakukan berbagai aktivitas perkantoran.

Produk seperti ApeosPort-IV C3370 buatan perusahaan patungan Fuji Xerox asal Jepang dan AS, selain memiliki berbagai macam fungsi pencetak, pemindai, pengganda dokumen, dan faks, pencetak laser berwarna multifungsi ini juga dilengkapi dengan kecerdasan digital, memungkinkan pengguna dari meja mereka masing-masing mengirimkan faks melalui perangkat Fuji Xerox ini. Selain itu, produk ini juga dikenal ramah lingkungan karena menggunakan daya listrik yang kecil, mengonsumsi hanya 75 persen lebih sedikit dibandingkan mesin sejenis di pasaran. Produk buatan Fuji Xerox ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja untuk menghasilkan dokumen- dokumen berkualitas. Semakin maraknya jejaring internet dan banyaknya penggunaan perangkat teknologi komunikasi informasi, penggunaan mesin yang mengatur pembagian penggunaan jaringan juga menjadi semakin penting.

Produk seperti RB1100 buatan Mikrotik adalah mesin router buatan Latvia yang terjangkau, mudah digunakan, dan memiliki berbagai fitur yang biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti operator telekomunikasi. Dilengkapi 13 buah rongga ethernet dengan kecepatan gigabit dalam konfigurasi 10/100/1000, Mikrotik RB1100 menjadi pilihan koneksi antarmuka yang menghubungkan jaringan internet dengan jaringan lokal yang digunakan perusahaan atau warnet. Dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, RB1100 mampu mengatur sistem firewall untuk melakukan pemisahan memadai menyaring jaringan di dalam (intranet) dan jaringan internet melalui pembagian switch yang digunakan. Ponsel cerdas sekarang tidak lagi didominasi merek, tetapi juga mulai dipenuhi sistem operasi yang tidak lagi hanya mengandalkan sistem yang ada, seperti Windows Mobile buatan Microsoft atau Symbian yang didominasi oleh ponsel ternama Nokia asal Finlandia.

Para produsen ponsel cerdas sekarang memiliki alternatif menggunakan sistem operasi lain, seperti Android yang dikembangkan Google sebagai sistem terbuka dan digunakan oleh Sony Ericsson pada produk Xperia X10. Menggunakan layar sentuh 10 inci (diagonal 10,1 cm), keunggulan Xperia X10 tidak hanya pada penggunaan sistem operasi Android, tapi juga prosesor Snapdragon buatan Qualcomm yang memiliki kecepatan komputasi 1 GHz. Xperia X10 adalah ponsel cerdas yang memiliki berbagai macam kemampuan dan dilengkapi dengan pilihan aplikasi yang menarik. Pilihan komputer bagi konsumen pengguna pertama kali memang lebih ditujukan pada netbook karena harganya yang sangat terjangkau dan memiliki semua kemampuan dan fitur yang dimiliki oleh komputer notebook atau desktop. Bagi para produsen komputer, merancang netbook tidak hanya dengan menekan skala ekonomi, tetapi juga harus mampu menghadirkan kinerja yang diandalkan dan desain yang menarik.

Manli Technology Company Limited memperkenalkan komputer netbook berbeda karena keahliannya dalam merancang motherboard dan karena memiliki desain yang mampu mencerminkan netbook iii M3 sebagai pilihan gaya hidup digital yang berwarna-warni. Netbook iii M3 ini juga dilengkapi dengan sistem operasi Google OS yang lebih sederhana dan cepat ketimbang sistem operasi lain. Salah satu teknologi yang secara perlahan tapi pasti akan berkembang dengan pesat adalah buku elektronik atau biasa disebut sebagai e-book. Kehadiran iPad sebagai komputer tablet adalah menyediakan kemampuannya untuk membaca buku digital. Secara teknologi, pembaca buku digital sebenarnya sudah tersedia dalam dua tahun terakhir ini, dan iPad menjadi pemicu penting yang akan meramaikan e-book. Salah satunya adalah iRiver Story E802, memiliki berat dan desain yang ideal sebagai pembaca buku dan memiliki papan ketik QWERTY yang bisa digunakan untuk memberikan catatan atau mencari kata tertentu.

Semua e-book pada iRiver bisa disimpan pada SD Card, dan tergantung kapasitasnya bisa ribuan buku yang akan menjadi perpustakaan berjalan. Menggelar jaringan sekarang tidak hanya dilakukan dengan menggunakan kabel ethernet yang memiliki keterba- tasan jarak sampai dengan 100 meter. Allied Telesis Inc, perusahaan yang bergerak dalam pembuatan produk jejaring digital, memiliki produk AT-MC605 yang memperpanjang jangkauan LAN, menggunakan teknologi yang disebut Extended Ethernet over VDSL (Very high bit-rate Digital Line Subscriber). Dengan harga yang lebih terjangkau, teknologi VDSL yang menggunakan kabel teleponi ini akan menjadi pilihan penting untuk menambah jaringan bagi usaha kecil dan menengah. Monitor juga termasuk teknologi yang akan berkembang sangat pesat pada dekade kedua abad ke-21.

Perusahaan seperti LG Corporation asal Korea Selatan memperkenalkan produk tayangan multifungsi Digital Photo Frame F8010N yang tidak hanya berfungsi sebagai bingkai foto digital, tapi juga bisa menjadi perluasan monitor tambahan pada penggunaan komputer notebook. Dengan teknologi LED, produk LG ini memiliki layar 8 inci (panjang diagonal 20,32 cm) dan resolusi 800 x 600 piksel, rasio kontras 500:1 dan rasio aspek 4:3 untuk menampilkan tayangan digital secara proporsional. Melakukan pemantauan baik untuk kepentingan publik maupun kepentingan umum, seperti arus lalu lintas atau perusahaan, juga akan menjadi tren penting kemajuan teknologi komunikasi informasi.

Kamera berbasis protokol internet (IP) atau yang sering disebut sebagai IP Cam akan menjadi sistem pengindraan jarak jauh mengandalkan digitalisasi seperti pada produk IP8161 buatan Vivotek Inc. Kamera ini memiliki resolusi yang sangat tinggi sampai 2 megapiksel, memiliki fitur night vision yang lebih baik dibanding seri sebelumnya. Lensa yang digunakan pun mampu untuk mendukung pengindraan pada malam hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s