Kebohongan iPad Terjadi Lagi Yaitu Ternyata Mati Bila Terkena Sinar Matahari

Tiga orang pengguna iPad di AS mengeluh karena gadget kasayangannya itu mati dengan sendirinya ketika terkena sinar matahari langsung dalam waktu cukup lama, gagal memenuhi janji Apple mengenai penggunaanya sebagai perangkat baca buku elektronik.

Kelompok pengguna iPad itu mengajukan gugatan class action federal di distrik Kalifornia Utara untuk “ganti rugi dan mengakhiri pola perilaku melanggar hukum”.

Ketika temperatur operasi iPad mencapai tingkat kritis, hal itu akan memaksa perangkat itu dengan sendirinya menutup semua aplikasi dan menampilkan pesan peringatan bagi pengguna untuk membiarkan iPad dingin dulu sebelum menggunakannya kembali.

Peringatan ini sama dengan yang ditampilkan iPhone dan iPod sentuh sebelum men-shut down sendiri ketika terlalu panas, sering terjadi ketika berada di bawah sinar matahari langsung.

Tuntutan hukum itu menyatakan bahwa iPad “tidak dapat memenuhi ekspektasi konsumen yang masuk akal seperti yang diklaim Apple selama ini bahwa overheating iPad begitu cepat dan tergantung kondisi cuaca.”

Apple melansir daftar suhu operasi iPad pada 32° hingga 95° F (0°-35° C), jadi tidak sulit untuk mengetahui bahwa penggunaan di luar di bawah terik matahari membuat alat itu cepat panas hingga melebihi temperatur maksimum yang dianjurkan.

Para penuntut memanfaatkan isu tertentu mengenai klaim Apple bahwa “membaca di iPad sama dengan membaca sebuah buku.” Klaim itu nyata-nyata salah, menurut gugatan, karena buku sesungguhnya dapat di baca dalam “terik matahari dan kondisi lingkungan normal lainnya” tanpa masalah.

Kebanyakan bagi para konsumen, perangkat elektronik dapat mengalami panas berlebih jika digunakkan secara langsung terkena sinar matahari untuk jangka waktu yang lama, dan tidak semua dari perangkat tersebut memiliki kemampuan mati secara otomatis seperti yang ada pada iPad.

(Sedihnya, pemutar musik boom box milik saya buatan tahun 1986 tak memiliki kemampuan mati otomatis, dan tape Quiet Riot milik saya meleleh di dalamnya ketika saya tinggalkan untuk memutar musik di sekitar kolam renang pada liburan musim panas).

Bagaimanapun, selama saya memainkan permainan “plants vs Zombies” berjam-jam baik didalam maupun dibawah naungan dek apartemen saya pada hari cerah, 82° F – iPad saya bahkan tidak pernah menjadi panas, tulis wartawan CNN.

iPad tidak bisa bekerja seperti buku yang dibaca dipantai atau pun di panas sinar matahari. Dan itulah fakta kalau Apple telah membuat kesalahan, lalai yang menyebabkan kekeliruan, iklan yang menipu, dan praktik bisnis yang tidak jujur, perlanggaran terhadap jaminan tersurat dan tersirat, penyajian keliru yang disengaja atau penyuburan ketidakadilan.

Para penuntut mengupayakan tuntutan class action dan meminta putusan melawan janji palsu Apple dan ganti rugi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s