Wow … Android Sukses Besar Dengan 100.000 Aplikasi

Dukungan aplikasi dari pihak ketiga terhadap platform smartphone Android yang digagas Google tumbuh pesat. Dalam waktu dekat diperkirakan jumlah aplikasi yang mendukung Android mencapai 100.000 buah aplikasi.

Tingkat pertumbuhan Android sangatlah besar. Saat ini, statistik terakhir dari Androlib menunjukkan bahwa Android telah mencapai lebih dari 90.000 aplikasi. Selama bulan Juni saja tercatat 15.000 aplikasi telah ditambahkan. Angka ini memang belum dikonfirmasi oleh Google. Sebelumnya, pada bulan April, Android baru menghasilkan 50.000 aplikasi.

Peningkatan jumlah aplikasi seringkali mengalami lonjakan setiap dirilisnya ponsel Android yang baru. Misalnya, pada saat peluncuran Motorola Droid pada November tahun lalu dan tingkat pertumbuhan yang paling baru adalah sekitar bulan April-Mei pada saat peluncuran HTC Droid Incredible.

Ekspansi Android yang sangat cepat bisa bersaing ketat dengan iPhone App Store dalam hal kuantitas. Terakhir Apple telah menempatkan 225.000 aplikasi, namun dengan tingkat pertumbuhan yang lebih lambat.

Meskipun tumbuh cepat, ada kekhawatiran bahwa Android terlalu berfokus pada aplikasi gratis saja, tidak banyak menjual aplikasi berbayar dan tidak profesional. Namun, pengguna yang akan menentukan apakah Android akan bertahan dan bersaing dengan iPhone dan smartphone lain di masa mendatang.

One response to “Wow … Android Sukses Besar Dengan 100.000 Aplikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s