Samsung Bakal Tinggalkan Java Berganti ke Bada

Samsung bakal meninggalkan pengguna platform Java Propietary di semua jenis ponselnya di masa mendatang. Sebagai gantinya, raksasa elektronika asal Korea Selatan itu bakal menggunakan platform terbarunya, Bada.

“Ke depan semua feature phone akan menggunakan Bada,” kata Pambudi Sudirman, Application Manager Samsung Mobile Indonesia di acara Bada Developer Day yang diadakan Samsung dan Majalah Chip, Rabu (30/6/2010) di Hotel JW Marriott, Jakarta. Namun, ia tidak bisa memastikan kapan Samsung benar-benar meninggalkan Java Propietary dan menggantinya dengan Bada karena hal tersebut tergantung kebijakan kantor pusat di Korea Selatan.

Menurut Pambudi, kehadiran Bada memang untuk menjawab tuntutan konsumen. Saat ini, ponsel tidak hanya dilihat sebagai perangkat telepon dan SMS saja, tapi juga harus bisa menjadi communication hub untuk selalu terhubung dengan teman, saudara, dan seluruh dunia. Dengan sistem propietary, kata Pambudi, Samsung kesulitan mengembangkan aplikasi-aplikasi baru sesuai tuntutan tersebut.

“Bada bersifat open dan fleksibel, semua aplikasi yang diciptakan bisa dinikmati sampai ke ponsel low end,” ujar Pambudi. Saat ini, Bada memang baru digunakan di satu jensi ponsel yakni Samsung Wave yang notebene merupakan smartphone kelas atas. Namun, ke depan, Samsung telah menyiapkan smartphone kelas menangah ke bawah dengan platform Bada.

Tahun ini, kata Pambudi, Samsung akan merilis tiga jenis ponsel lagi berbasis Bada. Masing-masing dua tipe yang hanya mendukung hingga jaringan EDGE dan satu tipe yang mendukung 3G/HSDPA. Ini juga menegaskan bahwa semua ponsel Samsung di masa mendatang adalah smartphone dari kelas low end hingga high end.

Bagaimana dengan platform lainnya? Pambudi mengatakan Samsung memang dikenal menggunakan semua platform di jajaran ponselnya dari Android, Windows, dan Symbian. Hal tersebut karena ada kelebihan tertentu yang tidak bisa dipenuhi semuanya di satu platform. Menurutnya, Samsung tetap akan mempertahakan strategi multi-OS di jajaran perangkatnya dan Bada salah satunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s