Android 2.2 Froyo Resmi Diumumkan

Google akhirnya resmi mengumumkan Android 2.2, generasi ke tujuh dari platform smartphone berbasis open source itu. Platform software versi terbaru yang juga disebut dengan nama kode Froyo itu diumumkan dalam acara Google I/O di San Francisco, AS, Kamis (20/5/2010).

“Hari ini di I/O, konferensi para pengembang, kami mengumumkan Android 2.2. Nama kode Froyo (dari kata frozen yogurt), update ke tujuh dari platform Android ini menawarkan fungsi baru yang lebih baik buat pengguna,” tulis Andy Rubin, VP Engineering Google dalam blog resmi Google, Kamis.

Andy Rubin menyebutkan dua di antara kemampuan baru Froyo yang tidak dimiliki platform Android sebelumnya. Pertama yakni dukungan penuh terhadap Flash di browser webnya dan fitur yang bisa mengubah smartphone menjadi hotspot atau sebagai router nirkabel. Google juga menambahkan banyak fungsi baru yang dapat dieksekusi para pengembang untuk membuat aplikasi lebih baik lagi.

Sejak ponsel pertama berbasis Android diluncurkan pertama kali Oktober 2008 di T-Mobile, popularitas platform yang dibangun Google tersebut terus menanjak. Google telahmenggandeng banyak vendor ponsel, operator, dan pengembang software untuk mendukungnya. Andy Rubin menyatakan saat ini rata-rata 100.000 ponsel Android terjual setiap hari dan ada 180.000 pengembang software yang aktif. Jumlah aplikasi yang dihasilkan telah menembus angka 50.000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s