Aplikasi Ponsel Kini Semakin Melokal dan Makin Murah Bahkan Gratis

Bagi pengguna yang tidak ingin repot, apalagi jaringan seluler tidak mendukung, solusi sederhana menjadi pilihan. Terutama bagi konsumen menengah ke bawah, semakin tinggi kandungan lokalnya, termasuk bahasa lokal, akan menjadi semakin menarik.

Pertarungan ponsel ekonomis di negeri ini sangatlah hebat. Berbagai cara dilakukan untuk bisa dekat dengan calon penggunanya. Terutama modifikasi dari peranti lunak merupakan unsur yang paling dominan sekarang ini.

Banjir ponsel buatan China yang terutama memengaruhi sektor pasar yang baru tumbuh rupanya tidak menyurutkan niat pembuat ponsel raksasa untuk bersaing. Mereka tidak semata-mata memproduksi gadget, tetapi juga menyiapkan aplikasi khusus bagi masyarakat sederhana.

Raksasa yang sangat terkenal dengan produk user-friendly seperti Nokia termasuk di antaranya. Perusahaan Finlandia ini mencoba menawarkan solusi produktif pada seri ponsel klasiknya, di antaranya fitur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat petani, termasuk juga pendidikan.

Sebuah komunitas yang unik untuk pedesaan dicoba dibangun. Layanannya berbasis SMS, dengan harapan daerah yang belum tersentuh jaringan komunikasi data masih tetap terlayani sekalipun seperti ponsel Nokia 2330 ini andal bermain di dunia maya.

Sebuah solusi yang sangat berbeda dengan pamor smartphone yang selama ini banyak dikenal masyarakat. Tentu pendekatan ini berbeda dengan yang dilakukan ponsel-ponsel buatan China yang lebih menampilkan nuansa gaya, namun dengan solusi murah.

Ponsel China

Salah satu yang sedang ngetren dari ponsel China adalah gaya BlackBerry, bukan hanya bentuk, tetapi juga cara membangun komunitas dengan messenger. Setidaknya selain Nexian Messenger juga masih ada Esia Messenger yang saat ini tengah gencar mencari pengikut, selain ponsel IMO dan MicXon.

”Kami bahkan sudah bisa melakukan sharing foto melalui Nexian Messenger. Saat ini kami sedang berdiskusi dengan pihak operator mengenai pricing yang baik untuk sharing foto ini,” kata Izak Jenie, Direktur PT Metrotech Makmur Sejahtera, yang menangani peranti lunak Nexian.

Untuk mencapai tujuannya, Nexian merintis layanan messenger bersama XL. ”Untuk membangun layanan messenger memang tidak bisa lepas dari kerja sama dengan operator,” kata Isnur Rochmad, Chief Technical Officer PT Metrotech Jaya Komunika, perusahaan yang menangani pengembangan produk ponsel Nexian.

Produk yang sekarang diandalkan adalah NX-G801, ponsel qwerty yang sudah dibanderol dengan Nexian Messenger. Selain juga masih ada ponsel mirip kotak bedak, NX-G788, yang cocok buat kaum perempuan.

Nexian

Salah satu kelebihan BlackBerry adalah kemampuan berbagi foto, baik foto yang diambil dari kamera gadget itu maupun dari kamera digital lain melalui memori microSD. Kelompok BBM (BlackBerry Messenger) bisa sharing tulisan dan foto dengan sangat mudah dan cepat, serasa real-time.

Pihak Nexian sendiri sepertinya tidak bermaksud bersaing dengan BlackBerry yang sudah sangat komplet, tetapi mereka melihat pangsa pasar menengah ke bawah yang belum menjangkau BlackBerry.

Kelebihan BlackBerry yang sulit disaingi terutama karena simplisitas dalam mengintegrasikan semua kebutuhan berkomunikasi, mulai dari SMS, chatting, sosialisasi, sampai mengintegrasikan semua alamat e-mail yang dimiliki penggunanya dan browsing di dunia maya.

”Memang untuk saat ini layanan Nexian Messenger hanya untuk chat, bukan untuk akses e-mail dan browsing,” kata Izak. Selain Nexian pada NX-G801 juga disertakan sarana chat dengan MSN, Yahoo Messenger, Google Talk, Skype, dan eBuddy.

Ketika Kompas mulai mencoba chatting dengan Nexian, memang masih terbentang tantangan menyempurnakan peranti lunaknya. Biasanya tombol utama navigasi atau tombol OK digunakan untuk mengeksekusi atau mengirim tulisan chat, tetapi pada Nexian menggunakan tombol ENTER (tombol bergambar panah bengkok) yang sedikit membuat canggung pada awalnya.

Tampilan menu juga sudah lumayan menarik dan akan lebih menarik lagi jika fungsi-fungsi chat, SMS, bisa ditampilkan di depan (menu utama) agar bisa diakses dengan cepat. Ini akan memberi kelebihan dibandingkan dengan ponsel biasa lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s