Kartun Pemenang Pulitzer Akhirnya Masuk iTunes Setelah Ditolak Oleh Steve Jobs

Sempat ditolak dengan alasan melanggar etika, kartun-kartun satire buatan Mark Fiore akhirnya bisa masuk ke bursa konten iTunes milik Apple mulai Selasa (20/4/2010). Itu pun setelah Fiore dinobatkan sebagai pemenang penghargaan bergengsi Pulitzer pada minggu lalu.

Tak lama setelah Fiore dinyatakan sebagai salah satu pemenang Pulitzer, Apple mengakui kelalaiannya. CEO Apple Steve Jobs sampai meminta Fiore untuk mendaftarkan lagi aplikasinya yang diberi nama NewsToons dan berjanji untuk menerimanya.

“Saya sungguh merasa agak bersalah. Saya mendapat pengecualian khusus karena menang Pulitzer,” kata Fiore dalam wawancara yang dilansir The Wall Street Journal. Untung Fiore tidak gengsi dan mendaftarkan lagi NewsToons ke iTunes pada Jumat (16/4/2010) kemudian disetujui dalam beberapa hari saja.

Mark Fiore memenangi Pulitzer atas karya kartun animasinya yang dimuat dalam situs San Francisco Chronicle yang bertema politik. Sebelumnya, Apple menolak kartun-kartunnya karena dianggap menyalahi aturan dilarang menghina pejabat publik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s