Google Diam-diam Beli Perusahaan Chip Semi Konduktor

Wow, persaingan antara Google dan Apple kelihatannya semakin meruncing. Setelah masuk ke bisnis smartphone, kini Google pun diam-diam memperkuat dukungan teknologinya dengan mengakuisisi perusahaan cip yang didirikan mantan karyawan Apple. Apakah kelak Google akan memakai cip buatan sendiri di ponsel dan tablet berbasis Android?

Google dilaporkan telah mengambil alih Aglinux, perusahaan start up pembuat cip. Situs Pehub.com melaporkan, juru bicara Google mengakui akuisisi tersebut, tetapi tidak menyebutkan berapa nilai yang harus dibayar. Kegiatan Aglinux sampai saat ini memang masih rahasia dan situs web-nya belum aktif. Cache situs web-nya hanya menampilkan peta dan alamat kantor Aglinux yang terletak di San Jose, California. Namun, The New York Times pernah melansir bahwa Aglinux mengembangkan semacam server dan menjalin kerja sama dengan Cisco dan Texas Instruments.

Pendiri perusahaan ini adalah para mantan karyawan PA Semiconductor, di antaranya Amarjeet Gill, Mark Hayter, dan Puneet Kumar. PA Semiconductor merupakan produsen cip yang diakuisisi Apple tahun 2008 sebesar 278 juta dollar AS. Dari akuisisi tersebut, Apple menghasilkan cip Apple A4 yang kini digunakan iPad dan kabarnya juga digunakan iPhone generasi keempat yang belum lama ini bocor di jalanan.

Menurut informasi dalam cache situs web-nya, Aglinux sendiri terdiri dari kata gni dalam bahasa Sansekerta yang berarti api dan lux dalam bahasa Latin berarti cahaya. Sampai saat ini belum dapat dipastikan apa yang tengah dilakukan Google dan Aglinux. Kalaupun bukan menyaingi Apple untuk bisnis smartphone, Aglinux mungkin akan mendukung pengembangan server Google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s