Awas Domain Jahat Berisi Virus Menunggangi Berita Heboh Supaya Diklik

Selalu berhati-hatilah saat mencari informasi di Internet. Sebab mesin pencari pun bisa ditunggangi oleh para pembuat malware. Ini terjadi pada berita kecelakaan mobil yang dialami pemain golf Tiger Woods beberapa waktu lalu. Sejak berita itu tersiar, mesin pencari Google mencatatkan berita tentang Tiger Woods di peringkat teratas pencarian. Maklumlah banyak fans Tiger Woods yang ingin tahu lebih detil tentang kecelakaan tersebut.

Celakanya, menurut Symantec, ini justru dijadikan peluang oleh para pengirim Scareware untuk meracuni mesin pencari situs web. Hasil pencarian pun akan mengarahkan pengguna ke tiga domain jahat, yakni vir-curemypc-now.com, egafuki.cn. dan online-scanner-free.net

Website tersebut lalu mengarahkan pengguna ke sebuah proses pemindaian palsu. Setelah itu akan dikeluarkan rangkaian pemberitahuan ‘error’ dan ‘ancaman’ serius yang disarankan untuk segera dibersihkan dari komputer pengguna. Ancaman ini palsu. Pengguna secara tidak sadar telah diarahkan agar membeli software antivirus tidak sah yang nantinya dapat mengambil informasi pribadi untuk kegiatan kejahatan.

Menurut Hon Lau dalam blog Symantec Response, kejadian seperti ini memang merupakan cara pembuat malware mencari keuntungan. Nah karena itu disarankan untuk menggunakan antivirus yang updated saat berselancar di Internet. Ia juga menyarankan untuk tidak membeli software antivirus dari sumber online yang meragukan.

One response to “Awas Domain Jahat Berisi Virus Menunggangi Berita Heboh Supaya Diklik

  1. assalamu’alaikum.terima kasih banyak ilmu komputer nya .wasalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s