Intel Batalkan Peluncuran Graphic Card Larrabee

Intel membatalkan rencana peluncuran GPU (graphical processing unit) yang dikembangkannya dengan kode Larrabee. Alasannya, produk yang kini siap beredar kalah canggih dengan teknologi yang sudah berkembang di pasaran.

Juru bicara Intel Nick Knupffer, seperti dilansir Techtree, Senin (7/12), menyatakan teknologi silikon yang dipakai Larrabee dan platform sotware yang dikembangkan untuknya tidak sesuai target yang ditetapkan. Produk kartu grais ATI Radeon HD5000 disebut-sebut sebagai penyebab rencana Intel berantakan.

Dual GPU dalam PCB (print circuit board) yang dipakai ATI Radeon 5970 sanggup melakukan proses komputasi hingga 5 teraFLOP atau lima triliun loating point operations per second. Sementara Larrabee baru sanggup hingga 2 teraFLOP.

Inilah yang membuat Intel memutuskan untuk tidak melanjutkan produk yang tidak bisa bersaing di pasar. Meski demikian, Intel berencana merilis Larrabee sebagai platorm pengembangan sotware untuk pengembangan high performance komputer dan kartu grafis.

ATI merupakn pemimpin pasar untuk produk yang mendukung DirectX11. NVidia akan meluncurkan GPU dengan arsitektur Fermi sebagai pesaing utama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s