Berceloteh Ria Ala Selebritis Hollywood Lewat Twitter dan Handphone

Setelah Facebook booming, kini giliran Twitter. Layanan jejaring sosial ini memngkinkan siapa saja untuk meng-update informasi mengenai segala hal, mulai dari aktivitas pribadi, pendapat politik, hingga sekadar celoteh iseng-iseng. Karena sifatnya itulah banyak yang menyukainya. Bahkan, para selebritis Hollywood sampai Bollywood, maupun artis lokal rajin meng-update info aktivitasnya via layanan berlogo burung ini. Maksudnya tak lain agar para penggemar dapat mengikuti setiap gerak-gerik si idola.

Bersyukurlah Twitter tak hanya dapat diakses via PC. Karena, dengan ponsel (beraneka jenis) Anda dapat meng-update akun Twitter Anda dan juga ber-following (istilah untuk mengikuti sebuah akun Twitter). Ya, dengan sebarang ponsel, ber-Twitter dapat dilakukan. Tak harus ponsel berkoneksi GPRS, EDGE, atau 3G untuk melakukannya, karena Anda di layanan ini dapat di-update melalui pesan singkat atau SMS.

Jika Anda menggunakan ponsel dengan fasilitas koneksi GPRS, EDGE, atau UMTS (3G), sejumlah aplikasi dapat digunakan untuk membantu pengelolaan akun agar lebih leluasa, selain lewat browser mobile internet.

Update via SMS
Melalui pesan singkat, akun Twitter dapat diperbarui infonya. Caranya mudah, karena Anda tinggal mengesetnya di menu “Setting” akun. Pengesetan ini untuk pertama harus dilakukan via browser internet di PC terlebih dulu. Selanjutnya, Anda baru bisa meng-update info via ponsel.

Bagaimana caranya? Pastikan Anda sudah memiliki akun Twitter (jika belum mendaftarlah di http://www.twitter.com). Selanjutnya, masuklah ke akun Twitter Anda via browser di komputer. Lakukan login dengan username dan password. Jika sudah, masuklah ke menu pengesetan untuk pengelolaan via hape. Klik [Settings] > [Devices].

Masukkan nomor ponsel yang digunakan, di awali dengan tanda plus “+” dan kode negara (untuk Indonesia +62), tanpa angka 0 (nol). Centangi opsi [It’s okay for Twitter to send txt messages to my phone. Standard rates apply], dan klik [Save].

Selanjutnya akan muncul kode diberikan untuk Anda. Kirim kode tersebut ke nomor ponsel yang diberikan via SMS ponsel. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima SMS balasan berisi notifikasi “That worked! What are you doing now?”.
Kini, Anda bisa memperbarui informasi di akun Twitter denga mengirimkan SMS ke nomor yang telah diberikan via pesan singkat berisi konfirmasi tersebut.

Kontrol via Browser
Selain menggunakan SMS, tentu saja Anda dapat mengontrol info baru di Twitter dengan browser ponsel. Untuk menggunakannya pastikan ponsel sudah terkoneksi ke mobile network, baik GPRS, EDGE, atau 3G.

Pengelolaannya mudah. Silakan mengikuti tutorial berikut yang akan memandu Anda untuk menggunakannya.

1. Jalankan browser ponsel Anda. Ketikkan alamat http://m.twitter.com. Jika sudah, halaman Twitter Mobile akan tampil. Masukkan user name dan password akun yang Anda miliki. Klik tombol [Sign in] untuk melakukan login. Tunggu beberapa saat.

2. Halaman akun tampil dengan kotak “Update” dan informasi dari pengguna Twitter yang Anda ikuti dalam daftar “you + friends”. Untuk meng-update info, klik kotak isian “What are you doing”. Ketikkan teks, lalu klik [Update] untuk menyiarkan info baru tersebut.

3. Daftar menu kelola Twitter berada di bagian terbawah halaman. Untuk mengetahui profilmu, klik menu [Your Profile]. Untuk melihat info terbaru dari orang-orang yang kamu ikuti (following) beritanya, klik link [People You Follow].
4. Dalam menu “Your Profile”, Anda bisa melihat data diri dan info atau update terbaru yang telah Anda masukkan. Pada “People You Follow”, berita pengguna lain akan terlihat. Jika sudah selesai, pastikan Anda mengeklik [Logout] untuk keluar dari akun.

TIPS: Menggunakan Aplikasi Pihak Lain
Twitter sendiri tak menyediakan aplikasi pendukung untuk di-instal ke ponsel. Namun, aplikasi pihak ketiga (third-party) untuk aktivitas ber-Twitter ini banyak tersedia di jagat maya. Pilihannya beragam, mulai aplikasi Java (yang cocok dengan banyak hape), hingga aplikasi khusus sistem operasi ponsel tertentu, seperti Symbian, BlackBerry OS, atau Windows Mobile.

Salah satu aplikasi Java yang cocok digunakan di banyak peranti adalah UtweetMe (http://utweetme.navetke.ru). Aplikasi ini kompatibel dengan banyak ponsel, termasuk ponsel Java standar yang mendukung GPRS.

Dengan aplikasi ini, selain bisa masuk ke halaman profil akun, Anda dapat meng-update info, membalas komentar, dan melihat timeline dari teman di Twitter. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal melalui PC atau langsung via over-the-air. Meski tampilannya sederhana, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan ringan.

Aplikasi untuk BlackBerry handset juga banyak, seperti UberTwitter, BlackBird, Twibble, TwitterBerry, hingga TinyTwitter. Begitupun untuk iPhone dan Windows Mobile. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar.

Untuk memudahkan Anda mencari aplikasi yang tepat untuk hape atau PDA-phone yang Anda pakai, kami pilihkan sejumlah aplikasi yang dapat Anda berdayakan untuk ber-Twitter-ria.

1. Hahlo
Ini adalah aplikasi Twitter yang dirancang untuk iPhone. Menu tampilannya apik dan ringkas. Anda dapat menampilkan hampir semua fitur Twitter di aplikasi ini.
Website: http://www.hahlo.com
Sistem: iPhone

2. Jargong
Apliaksi ini kompatibel dengan semua ponsel berbasis Java. Selain untuk mengakses Twitter, Jargong juga dapat digunakan untuk instant messaging.
Website: http://www.jargong.com
Sistem: Java

3. Abiro Jitter
Yang satu ini berbasis Java sehingga kompatibel dengan banyak ponsel. Hanya saja tampilannya sangat simpel, dan menunya tidak menarik.
Website: http://www.getjar.com/products/9943/JitterTwitterclient
Sistem: Java

4. Twobile
Jika Anda memiliki ponsel berbasis Windows Mobile, aplikasi ini cocok digunakan. Tampilannya juga terhitung sederhana, karenanya ringan digunakan.
Website: http://www.infinitumsoftware.com/twobile
Sistem: Windows Mobile

5. Twibble
Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk ponsel Java (Nokia dan Sony Ericsson) serta handset Blackberry. Menunya lumayan komplet.
Website: http://www.twibble.de/twibble-mobile/
Sistem: Java, BlackBerry OS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s