MSI Wind Top AE1900-01SUS, Bingkai Kehidupan Nyata

Sekilas melihat, Anda mungkin mengira MSI Wind Top AE1900 adalah sebuah bingkai foto raksasa. Maklum, perangkat ini bisa “berdiri” karena mengandalkan sandaran belakang seperti bingkai foto. Kesan itu semakin dalam karena seluruh sisinya dikelilingi bahan kaca bening.

Namun MSI Wind Top AE1900 bukan sebuah bingkai foto, melainkan PC All-in-One (PC AiO). Tinggal colokkan keyboard dan mouse, perangkat ini pun bisa langsung digunakan untuk mengetik atau browsing internet. Eh, Anda bahkan tidak perlu keyboard dan mouse kok. Pasalnya layar MSI Wind Top AE1900 yang berukuran 18,5” itu merupakan layar sentuh; sama seperti Asus Eee Top ET 1602. Jadi tinggal tunjuk, tekan, dan geser, Anda sudah bisa melakukan kegiatan komputasi favorit.

Agar kian mudah, MSI menyediakan antarmuka khusus bernama Wind Touch di atas sistem operasi Windows XP Home Edition. Aplikasi ini langsung berjalan ketika Wind Top dinyalakan, dan berfungsi memudahkan akses ke aplikasi standar. Tersedia empat tab di menu utama Wind Touch, yaitu Work, Fun, Tool, dan Web. Dari nama-nama tersebut mungkin sudah tercermin isinya: tab Work berisi shortcut aplikasi kantoran seperti Adobe Acrobat, sementara tab Web berisi Internet Explorer.

Sayangnya kita tidak bisa mengganti atau menambah shortcut di dalam Wind Top tersebut. Jadi jika Anda baru saja meng-install Firefox, shortcut Firefox tidak akan muncul di menu Wind Touch. Alhasil Wind Touch sepertinya tidak sering digunakan; kecuali Anda sudah puas dengan aplikasi yang tersedia.

Jika Anda tidak berniat memanfaatkan layar sentuhnya, MSI telah menyediakan keyboard dan mouse sebagai kelengkapan standar. Keyboard dan mouse tersebut berbasis USB, sehingga Anda harus merelakan dua dari empat port USB yang ada. Keyboard-nya sendiri hadir dalam format penuh (full-sized) yang ditandai dengan keberadaan tombol numerik dan multimedia. Namun karena ukuran keyboard hanya sekitar 40×17 cm, maka ukuran setiap tombol terasa agak sempit. Yang agak mengganggu ketika kami mencoba mengetik adalah tombol navigasi (kiri-kanan-atas-bawah) yang terlalu berdempetan dengan tombol numerik.

Seperti PC AiO masa kini, MSI Wind Top dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi. Fasilitas lain yang disediakan adalah Gigabit Ethernet, slot memori, webcam 1,3MP, serta 4 port USB. MSI Wind Top juga sudah dilengkapi perangkat optik berupa DVD Writer. Ketika digunakan untuk membaca dan menulis data, DVD Writer ini berputar dengan mulus dan hening sehingga tidak mengganggu kegiatan komputasi kami.

Karena menggunakan prosesor Intel Atom N270, performa MSI Top tidak gegas. Untuk sekadar browsing internet atau mengetik, memang tidak ada masalah. Namun ketika InfoKomputer coba memutar video dalam format Full-HD 1080p, gambar terpatah-patah. Satu hal yang disayangkan mengingat MSI Wind memiliki format layar lebar yang ideal untuk menonton film.
***

Bukan tanpa sebab MSI menggunakan Intel Atom untuk Wind Top AE1900WT ini. Ya, harga adalah alasan utama. Karena harga prosesor Atom murah, PC AIO dengan layar sentuh berukuran 18,5” ini bisa dibandrol dengan harga US$ 529. Mengingat harga monitor 18,5” masih sekitar US$ 250an, Wind Top AE1900WT memang pilihan yang menarik. Meski performanya biasa saja, Wind Top bisa menjadi perangkat yang membingkai kehidupan sehari-hari keluarga Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s