Cara Memanfaat Fasilitas Back Up SMS dan Phonebook Gratis Dari Cellity

Saat ini bertebaran ribuan aplikasi berbasis Java yang menawarkan kemampuan komunikasi spesifik. Misalkan aplikasi pengelola e-mail atau aplikasi yang menawarkan pengiriman SMS gratis. Semuanya menarik untuk di-install dan dicoba. Kini muncul aplikasi baru yang menggabungkan semuanya dalam satu produk. Namanya cellity Communicator (communicator_midp2_gfx_en_de_getJar.jar, ukuran file: 163KB).

Ya, cellity Communicator memang menawarkan gabungan fitur e-mail, SMS, messaging, telepon dan conference. Aplikasi yang dulu bernama cellity world CALL, cellity group CALL, cellity free SMS, kini dijadikan satu paket ditambah dengan bumbu fitur SMS reguler dan backup kontak gratis.

Apa saja fasilitas yang disediakan dan bagaimana menggunakannya? Yuk, kita coba!

Instalasi
Kunjungi http://www.cellity.com/en/download/download-communicator.html, lalu masukkan nomor ponsel, alamat e-mail dan kode pengaman pada kolom yang telah disediakan. Klik Continue untuk melanjutkan. Tak lama kemudian Anda akan menerima SMS dari cellity yang berisi “Please click on http://wap.cellity.com/mob/reg to download communicator”. Ikuti petunjuk tersebut dengan mengklik link yang disediakan.

Tandai kotak cek User Agreement untuk melanjutkan proses pengunduhan dan instalasi. Setelah instalasi berhasil, masuklah ke menu Applications. Saat muncul konfirmasi akses Internet , jawab dengan Yes. Cellity akan melanjutkan dengan uji coba koneksi. Jika proses ini berjalan lancar, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi ini.

Mengelola E-mail di Ponsel
Fasilitas e-mail sudah menjadi suatu fitur wajib ponsel masa kini. Ponsel-ponsel yang dirilis umumnya sudah mendukung protokol-protokol e-mail yang umum digunakan seperti POP3/SMTP, IMAP, Exchange dan sejenisnya. Dengan menggunakan e-mail semacam itu, pengguna diharuskan untuk mengonfigurasi e-mail secara manual di seting ponselnya. Sungguh merepotkan.

Daripada repot, gunakan saja fasilitas e-mail yang ada di cellity Communicator. E-mail siap digunakan kapan pun dan di mana pun Anda mau. Untuk mendapatkan e-mail cellity, masuklah ke menu Options >Messaging > Email address. Lalu masukkan alamat e-mail yang ingin Anda dapatkan.

Jika username yang Anda pilih belum ada yang punya, Anda akan mendapatkan e-mail namaanda@cellity.com. Selanjutnya Anda sudah siap untuk mengirim e-mail. Klik Messages > Compose message > email.

Meskipun disediakan fasilitas e-mail instan, e-mail-e-mail luaran seperti Yahoo! Mail, GMail, atau Hotmail tidak dilupakan. Anda yang ingin menggunakan e-mail tersebut bisa masuk ke menu Options > list of services > activate new service > external e-mail. Masukkan alamat e-mail lalu pilih Continue. Bila cellity dapat mendeteksi otomatis setting e-mail Anda, Anda tinggal memasukkan password, dan e-mail dapat langsung Anda gunakan. Jika tidak, masukkan setting-nya secara manual.

Gratis Kirim SMS
Layanan SMS cellity ini dibagi menjadi dua bagian: SMS reguler dan SMS gratis. Setiap pengiriman SMS dengan SMS reguler akan dikenakan tarif SMS normal, sementara SMS melalui Internet tidak dikenakan biaya selain akses GPRS.

Untuk mengirim SMS reguler, pilih menu Compose Message atau melalui menu Inbox > Compose Message. Pilih Regular message dan ketikkan isi pesan yang ingin Anda kirim. Isi pesan maksimal 160 karakter.

Tentukan siapa yang ingin Anda kirimi SMS. Bila tak ada dalam daftar kontak, pilih menu New Number dari menu Options untuk memasukkannya secara manual. Untuk mengetahui berapa biaya pengiriman pesan, periksalah di menu Get Price di bagian Options. Pilih Send untuk mengirim pesan.

Opsi pengiriman SMS gratis ada pada menu free message yang muncul saat memilih Compose message. Pada mode free message, Anda dapat mengirim pesan sampai 2048 karakter. Langkah selanjutnya sama persis seperti saat mengirim SMS berbayar.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar dapat mengirim SMS gratis dengan sukses. Pertama, nomor yang Anda tuju juga harus meng-install dan mengaktifkan cellity Communicator atau cellity free SMS. Jika tidak, pesan Anda tidak dapat diterima oleh nomor tujuan.

Kedua, SMS gratis yang Anda kirim tidak akan masuk ke Inbox di memori ponsel tujuan, melainkan di Inbox cellity. Jika Inbox tidak dibuka, cellity otomatis akan melakukan miscall ke nomor ponsel nomor yang dituju sebagai tanda bahwa ia menerima pesan baru.

Ketiga, begitu Anda mengirim pesan ke nomor tujuan, pesan tidak serta merta langsung masuk ke Inbox yang dituju. Sang penerima harus me-refresh Inbox secara manual atau menunggu sampai cellity Communicator memeriksa keberadaan SMS baru di server dan mengunduhnya untuk Anda. Proses sinkronisasi ini berlangsung setiap lima menit.

Keempat, pengiriman pesan dilakukan melalui Internet. Ini artinya akan ada charge GPRS di tagihan ponsel Anda, sehingga pada akhirnya layanan ini lebih murah dari SMS normal tapi tidak benar-benar 100% gratis. Sinyal menyarankan Anda untuk menggunakan akses data Unlimited agar Anda tidak dikenakan biaya tambahan saat menggunakan layanan ini.

Mengkonfigurasi Fitur Twitter
Situs jaringan sosial Twitter memiliki beberapa metode mengirim pesan. Bisa melalui SMS, instant messenger, e-mail atau melalui situs twitter.com. Di sini cellity Communicator memiliki fasilitas untuk memudahkan Anda mengirim pesan ke situs twitter.

Untuk melakukan konfigurasi, masuklah ke menu Options > list of services > active new service. Pilih twitter dan masukkan user name dan password Anda. Setelah itu pilih Continue. Sekarang, layanan twitter telah siap digunakan.

Menelepon dari Aplikasi
Menelepon dari aplikasi cellity Communicator sama mudahnya dengan menelpon via fitur utama ponsel. Untuk menelepon dari daftar kontak ponsel, Anda dapat mengimpornya terlebih dahulu dari memori ponsel.

Caranya, pilih menu > Options > Contacts > Import Contacts, lalu pilih nomor yang ingin Anda hubungi. Khusus untuk ponsel yang tidak mendukung impor kontak dari aplikasi Java, Anda dapat menginput kontak cellity secara manual melalui menu New Contact, masukkan nama kontak, pilih Single atau Group, masukkan nomor kontak lalu pilih Save.

Untuk melakukan Conference call juga tak kalah mudahnya. Anda dapat memilih Instant conference call dari menu utama. Setelah itu tinggal pilih saja kontak mana saja yang ingin Anda ajak dalam conference, lalu pilih Call. Setelah conference call selesai, cellity Communicator otomatis akan mengajak Anda untuk menyimpan semua kontak yang Anda ajak conference tadi dalam satu grup.

Sayangnya fasilitas telepon ini tidak gratis, alias berbayar. Namun jangan kuatir, cellity menjanjikan biaya panggilan ke seluruh dunia lebih murah sampai 90%.

Backup Kontak
Hampir semua operator seluler di Indonesia menyediakan fasilitas back up phonebook. Namanya beragam. Ada yang memberi nama XL Phone book, My back up, Pelindung Dataku, dan sebagainya.

Apa pun nama yang diberikan, fungsinya sama: menyalin data kontak pengguna ponsel dan menyimpannya di server operator seluler. Jika ponsel pengguna hilang, data kontak yang dimilikinya tidak akan hilang, karena masih tersimpan di server operator. Pengguna dapat mengembalikan data kontaknya di ponsel baru kapan saja.

Untuk mendapatkan layanan ini dari operator seluler tentu tidak gratis. XL misalnya, membebani pelanggannya dengan biaya Rp. 5.000 per bulan untuk biaya sewa ruang penyimpanan di server-nya. Operator lainnya juga menerapkan biaya yang tidak jauh berbeda dari itu. Coba bayangkan jika ternyata dalam setahun ponsel pelanggan tidak hilang. Berapa uang yang telah terbuang sia-sia?

Melalui fitur back up kontak, cellity Communicator menyediakan layanan yang sama secara gratis untuk Anda. Untuk mem-backup data kontak dari cellity Communicator, masuklah ke menu > Options > Contacts > backup contacts. Jika sewaktu-waktu Anda ingin mengembalikan data kontak ke ponsel baru, pastikan cellity Communicator telah di-install ulang ke ponsel Anda, lalu akses menu > Options > Contacts > restore contacts.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s