Mesin Pencari Lain Sebagai Alternatif Dari Google

Sampai hari ini, belum ada yang mampu menyaingi kedigjayaan Google. Bahkan dalam ukuran situs yang paling banyak dikunjungi di dunia, Google masih meraja. Tapi, bukan berarti tak ada yang mencoba menggoyang posisi tersebut. Untuk urusan pencarian, beberapa situs pencari bahkan bisa meniupkan “angin segar” di dunia maya. Simak dua di antaranya.

Mari Menggulung
Rollyo (www.rollyo.com) adalah sebuah layanan menarik yang mengijinkan penggunanya untuk membuat sendiri mesin pencarinya. Wow, keren ya? Berbagai tool yang disediakan di situsnya akan memudahkan pengguna mewujudkan personalisasi pencarian itu hanya dalam hitungan detik. Ide utamanya adalah membuat mesin pencari yang mencari hanya dari situs-situs yang ditentukan oleh pengguna.
Yang harus dilakukan pengguna adalah menambahkan situs-situs yang akan dijadikan rujukan, dan tentu saja dipercaya, pada mesin pencari buatannya. Kemampuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat mesin pencari yang spesifik pada satu segmen (niche) saja (misalnya, pekerjaan, sepak bola, gitar klasik, merajut, musik metaldut, dsb.).

Jumlah hasil pencarian akan jauh lebih sedikit daripada hasil pencarian mesin pencari besar, seperti Google, Yahoo, Ask, atau MSN. Tapi ada plusnya, hasil pencarian jadi jauh lebih spesifik. Tidak ada lagi hasil pencarian yang menunjukkan angka puluhan juta situs.

Kesenangannya tidak berhenti di situ. Dengan semakin banyaknya orang yang membuat mesin pencari spesifik milik mereka sendiri dan dengan fitur “berbagi” kepada komunitas yang lebih luas, bermunculanlah berbagai mesin pencari keren buatan anggota komunitas Rollyo. Mereka biasa disebut Searchrolls (gulungan pencari). Daftar lengkapnya bisa dilihat di http://www.rollyo.com/explore.html

Anda bisa mengubah berbagai mesin pencari ini sesuai dengan kebutuhan dan menyimpannya sebagai mesin pencari sendiri. Anda juga bisa memutuskan apakah mesin pencari pribadi itu akan dibagikan kepada komunitas Rollyo atau tidak. Sampai saat ini sudah ada sekitar 150 ribu gulungan pencari buatan anggota komunitas.

Satu tambahan yang menarik adalah fitur RollBar Bookmarklet (http://rollyo.com/bookmarklet.html). Ini adalah semacam javascript yang bisa langsung ditambahkan pada browser. Di browser akan muncul semacam tombol di daerah toolbar dan bisa langsung ditekan untuk melakukan pencarian secara lokal pada semua situs yang sedang dibuka oleh browser. Fitur ini akan sangat berguna jika situs tersebut tidak memiliki fitur pencarian.

Beruntunglah pengguna Firefox, karena Rollyo menyediakan fitur pembuatan gulungan pencari khusus untuk Firefox (http://rollyo.com/firefox_search.html) yang bisa langsung ditambahkan pada sang rubah api. Gulungan pencari ini bisa menampung sampai 25 situs rujukan pencarian.

Hal terkeren dari semua itu, layanan Rollyo berikut fiturnya (http://www.rollyo.com/tools.html) tersedia gratis untuk siapa saja!

Tepat Sasaran
Satu lagi mesin pencari yang patut dipertimbangkan adalah Hittery (www.hittery.com). Hittery merupakan dashboard pencarian dengan berbagai pilihan pencarian dari berbagai mesin pencari dan situs-situs yang spesifik pada topik tertentu.

Jika mengunjungi situs Hittery, Anda akan disuguhi tampilan banyak sekali kotak pencarian dengan berbagai nama dan fungsinya, seperti Internet dan Teknologi, Gadget, Panduan Perjalanan, Cuaca, Saham, dan lain-lain.

Kebanyakan fungsi pencarian ini melakukan proses pengumpulan data melalui berbagai situs besar seperti Google, Digg, YouTube dan eBay. Ada juga situs-situs lain yang dijadikan rujukan seperti Wikipedia, Britannica, Daily Motion, dan lain-lain. Tujuannya tentu saja agar hasil pencarian bisa seakurat mungkin.

Hittery meng-klaim bahwa mereka menggunakan sekitar 12 ribu situs yang berbeda sebagai rujukan, tersebar dalam berbagai kategori pencarian yang disediakan.

Ada dua menu utama di bagian atas homepage Hittery. Kedua menu itu mengijinkan pengguna untuk menambahkan mesin pencari yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan bahkan jika diperlukan, melakukan pencarian dengan mesin pencari biasa. Ada banyak pilihan lain yang tersedia yang bisa ditambahkan untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik pada topik tertentu.

Hasil pencarian akan ditampilkan di sebelah kiri. Sementara di sebelah kanan ada tambahan sidebar kecil yang memberikan fungsi tambahan pada pencarian seperti:

1. Memperkecil rentang waktu dari hasil pencarian. Hal ini sangat bermanfaat dalam pencarian berita-berita terbaru (atau yang terjadi pada saat tertentu) untuk suatu topik.

2. Memperkecil hasil pencarian dari situs-situs khusus seperti Google, YouTube, Flickr, Wikipedia dan lain-lain.

3. Menambahkan mesin pencari yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan kita ke iGoogle, NetVibes atau Google Toolbar.

4. Mengeliminasi situs-situs yang tidak kita inginkan dari hasil pencarian.

5. Mencari berita terbaru yang berhubungan dengan hasil pencarian Anda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s