Cara Atasi Keterbatasan Multimedia Ponsel

aat ini praktis semua ponsel yang berharga Rp 1 juta ke atas dapat memutar file multimedia. Bahkan bukan hanya memutar, tetapi juga bisa untuk membuat konten multimedia seperti wav, amr atau 3gp. Namun dalam hal fitur player tidak semuanya sama. Ada ponsel dengan player kaya fitur dan ada pula yang “parah”.

Sebut saja ponsel Sony Ericsson K800i. Ponsel ini memiliki fitur yang cukup canggih. Kameranya 3,2 megapixel, bisa 3G, dan melakukan berbagai aktivitas multimedia seperti video straming, radio, pemutar serta merekam suara dan video. Cukup lengkap.

Keterbatasan Pemutar Video
Namun, tak ada gading yang tak retak. Ponsel yang kelihatan lengkap ini ternyata punya kelemahan, yaitu hanya punya dua pilihan untuk memutar video: Play dan Stop. Padahal dalam memutar video tidak mungkin hanya mengandalkan tombol Play dan Stop.

Coba bayangkan jika Anda memiliki video berdurasi 1 jam. Anda sudah memutar video sampai 45 menit. Setelah itu, tiba-tiba ada panggilan masuk. Otomatis, video yang diputar akan kembali lagi ke detik 0. Apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda mau membuang waktu 45 menit ke depan dengan sia-sia untuk memutar ulang video tadi?

Video Maniac
Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi pihak ketiga bernama Video Maniac. Aplikasi ini menawari Anda untuk memutar video dengan mode portrait maupun lanskap. Pemutaran video dapat ditentukan pada menit dan detik tertentu. Selain itu, Video Maniac juga memungkinkan Anda untuk mengambil snapshot dari gambar yang tampil di layar.

Video Maniac (36KB) bisa Anda unduh secara gratis dari http://www.mobango.com/media_details/videomaniac/. Selanjutnya, untuk meng-install ke ponsel, salin file videomaniac.jar yang telah Anda unduh ke ponsel melalui kabel data, inframerah atau Bluetooth. Kini Anda dapat meng-install aplikasi yang telah diunduh ke ponsel.

Instalasi dan Penggunaan
1. Untuk memulai instalasi, masuklah ke File Manager, kemudian jalankan file .jar yang telah Anda unduh. Saat muncul konfirmasi mengenai instalasi, jawab dengan Yes. Tak lama kemudian, Video Maniac akan ter-install di ponsel Anda.

2. Setelah Video Maniac ter-install, jalankan aplikasi tersebut. Caranya, masuklah ke menu Applications pada ponsel, lalu carilah aplikasi Video Maniac pada daftar. Saat dijalankan, Anda akan dibawa ke file browser yang menampilkan folder C. Folder ini merupakan memori ponsel Anda. Jika Anda memasang kartu memori, akan muncul pula folder E.

3. Pilih salah satu folder yang berisi file video Anda. Selanjutnya, akan muncul daftar folder yang terdapat pada memori. Pilih folder dan file yang ingin Anda putar. File video Anda akan langsung diputar. Panah ke kiri digunakan untuk menampilkan video dalam mode portrait, panah kanan untuk menampilkan video dalam mode lanskap. Dalam mode lanskap, panah ke kanan digunakan untuk beralih dari mode stretch video selebar layar ke resolusi asli dan sebaliknya, sementara panah atas berguna untuk memutar ulang video dari awal. Dalam mode portrait, panah ke atas digunakan untuk beralih dari mode stratch video selebar layar ke resolusi asli dan sebaliknya, sementara panah kanan berguna untuk memutar ulang video dari awal.

4. Untuk melompat ke menit dan detik tertentu dalam video, tekan tombol soft keys di kanan atas ponsel. Akan muncul menu yang memungkinkan Anda untuk memasukkan posisi jam, menit dan detik yang ingin diputar. Setelah itu tekan OK. Video akan langsung dimainkan pada posisi waktu yang Anda pilih.

5. Selain memutarkan video pada detik tertentu, Video Maniac dapat digunakan untuk mengambil gambar snapshot atas video yang tampil. Cara mengambil gambarnya, tekan tombol soft keys di kiri atas ponsel. Sesaat kemudian akan muncul konfirmasi untuk pengambilan gambar. Jawab dengan Yes. Sesudah mengambil gambar, program akan menyimpannya ke memori ponsel. Saat proses ini berlangsung, Anda akan kembali dimintai konfirmasi untuk memberikan hak akses pada program untuk menulis file di memori ponsel. Jawab kembali dengan Yes.

One response to “Cara Atasi Keterbatasan Multimedia Ponsel

  1. Yeah,thanx for this info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s