Thermal-Eye 250D Video Kamera Yang Mampu Melihat Dalam Kegelapan Total

Kegelapan malam di tengah kemajuan digitalisasi menjadi kendala dan sangat kritis ketika berkaitan persoalan keamanan dan pertahanan. Perangkat keamanan polisi atau unit pasukan khusus akan sulit bergerak di kegelapan malam karena keterbatasan melihat obyeknya.

Di sisi lain, kita mengerti bahwa berbagai obyek di sekitar kita, baik yang alami maupun buatan manusia, mengeluarkan panas dalam bentuk energi inframerah. Dengan kemampuan untuk mendeteksi perbedaan temperatur dari berbagai obyek itu, teknologi inframerah atau disebut juga sebagai imej termal (thermal imaging) mampu menghadirkan sesuatu yang sebenarnya tak mungkin terlihat dengan mata telanjang.

Bahkan, dalam keadaan yang gelap gulita maupun kondisi iklim yang sangat menantang seperti hujan deras, imej termal memberikan pandangan obyek yang tidak terlihat sama sekali. Awalnya, perangkat penglihatan imej termal dikembangkan untuk kepentingan militer, akhirnya terus dikembangkan untuk kepentingan penegakan hukum, pemadam kebakaran, tim penyelamat, dan lainnya.

Di Indonesia, selain unit-unit khusus di lingkungan militer, perangkat penglihatan malam ini juga digunakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengejar dan menangkap para koruptor yang beraksi umumnya di malam hari atau pada tempat-tempat tersembunyi yang tidak diketahui umum.

Obyek gelap

Produk imej termal yang tersedia di pasaran sekarang adalah Thermal-Eye 250D yang diproduksi oleh L3 Communications asal AS yang memproduksi berbagai produk penglihatan untuk kepentingan keamanan dan pertahanan. Produk Thermal-Eye 250D menghasilkan kinerja yang prima ketika digunakan untuk melihat obyek pada kegelapan, terutama menjelang pagi ketika mata manusia sulit untuk melihat obyek yang dekat sekalipun.

Ukurannya yang ringan menggunakan baterai DR11NiMH, memiliki rancang bangun yang ringkas, ringan, serta mudah dibawa-bawa untuk berbagai keperluan dengan kualitas resolusi imej yang tinggi. Perangkat ini juga memiliki perangkat tambahan baterai eksternal, memungkinkan untuk memperpanjang waktu penggunaan.

Dirancang untuk keperluan keamanan umum, kelautan, pengintaian, serta keperluan industri, Thermal-Eye 250D menghasilkan resolusi 320 x 240 piksel dengan kapasitas penglihatan aktivitas manusia pada jarak 900 meter menggunakan lensa standar dan bisa mencapai 1.800 meter dengan penambahan lensa 150 mm.

Thermal-Eye 250D memiliki kemampuan pembesaran zoom digital sampai dua kali dan bekerja tanpa penambahan perangkat tambahan. Ketika pertama kali mencoba Thermal-Eye 250D, dengan berat 1,5 kg tanpa baterai, memerlukan penyesuaian karena kesulitan untuk mencari obyek yang dituju.

Setelah obyek yang ingin dilihat muncul di eye-piece, penggunanya tinggal mengikuti saja obyek yang tampil berwarna putih untuk menentukan posisinya. Keluaran imej termal yang ditangkap perangkat ini bisa ditayangkan dalam format NTSC atau PAL, dan memungkinkan untuk terkoneksi dengan server kamera berbasis teknologi IP (Internet Protocol) untuk kemudian ditayangkan di jaringan internet.

Thermal-Eye 250D menjadi perpanjangan mata kita untuk melihat perbedaan di kegelapan malam hari, menentukan lokasi tersangka, mengamankan lingkungan, serta mengamankan pesisir pantai dari orang-orang yang berniat jahat. Dalam konteks keamanan dan pertahanan, produk sejenis ini adalah aset yang bernilai tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s