Telah Hadir Kamera Digital Berbasis IP Dengan Sudut Pandang 360 Derajat

Kehadiran kamera digital berbasis protokol internet (IP) menjadi marak dengan berbagai model dan teknologi, memperpanjang pandangan kita untuk memerhatikan berbagai situasi dan kondisi di sekitar kita. Produk kamera IP pun sudah mencapai skala ekonomi yang memadai untuk dimiliki secara terjangkau oleh konsumen untuk berbagai keperluan.

Sekarang semakin banyak orangtua di rumah yang membutuhkan kamera IP untuk memonitor rumah mereka, terutama bagi orangtua yang dua-duanya bekerja, melihat aktivitas anak-anak mereka selesai sekolah. Pilihan kamera IP yang menjadi pelengkap telepon karena sistem jejaring internet yang semakin luas dengan akses kecepatan tinggi.

Namun, di sisi lain, persoalan yang dihadapi adalah penggunaan kamera IP sebagai pengintai jarak jauh memiliki keterbatasan sudut pandang karena kamera IP yang terjangkau harganya memiliki lensa dengan sudut pandang sebatas kemampuan lensanya sendiri. Jadi, sering kali apa yang terjadi di luar sudut pandang lensa tidak bisa termonitor sama sekali.

Kalau kamera IP digunakan untuk kepentingan mengamankan sebuah kantor atau gudang, keterbatasan sudut pandang ini menjadi hambatan tersendiri karena, walaupun kamera IP sekarang memiliki kemampuan mendeteksi gerak pada bidang pandang yang tertangkap di monitor, tidak semua wilayah bisa dipantau aktivitasnya.

Pilihannya adalah menggunakan kamera IP yang memiliki fitur pan, tilt, dan zoom, yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kamera yang menggunakan lensa tetap. Fitur ini pun, walaupun memiliki kemampuan untuk melakukan patroli sekeliling, tetap memiliki sudut pandang yang terbatas dengan kemampuan bergerak horizontal berhenti pada sudut tertentu dalam radius umumnya sampai 270 derajat.

Sudut pandang

Sebuah perusahaan Korea Selatan yang berpusat di kota Suwon, Pentaone Co Ltd, memiliki pemikiran yang berbeda dengan menciptakan kamera IP yang tidak lazim dengan sudut pandang 360 derajat. Berbentuk seperti pesawat ruang angkasa kecil, dengan lensa berada di tengah perangkat kamera IP, perangkat ini juga berfungsi sebagai perekam video digital yang mudah terhubung ke perangkat video selain menggunakan jejaring LAN (local area network).

Yang menarik, dalam imej asli tayangan kamera IP yang disebut sebagai kamera panorama Pencam, tayangan 360 derajat tersebut ditampilkan secara bulat dengan pandangan sekitar ditayangkan secara cembung. Pilihan lainnya adalah melihat melalui kamera IP ini dengan panorama pada sudut 180 derajat yang menghasilkan tayangan dua muka pada sisi depan dan belakang secara bersamaan.

Bahkan, Pencam buatan Korea Selatan ini juga mampu untuk melakukan pembesaran pada tayangan panorama 360 derajat dengan mendekatkan bidang pada sisi depan dan mengecilkan bidang pandangan pada sisi belakang. Produk ini menjadi berguna untuk digunakan pada kendaraan polisi yang bisa memonitor secara konstan situasi di sekelilingnya, baik untuk mengatur lalu lintas maupun menjaga keamanan masyarakat sekitar.

Satu saja kelemahan Pencam ini adalah walaupun teknologinya berbasis IP, akses kamera tidak bisa dilakukan melalui situs Web seperti kamera IP pada umumnya. Akses kamera dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak buatan Pentaone untuk bisa menghasilkan tayangan kamera IP sampai dengan 360 derajat.

Secara keseluruhan, penggunaan Pencam ini sederhana, memungkinkan untuk mengatur alamat IP langsung di kameranya yang memiliki tayangan LED kecil untuk mengatur keseluruhan kamera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s