Teknologi VOIP Mampu Menurunkan Biaya Telekomunikasi

Kehadiran teknologi suara digital dengan diperkenalkannya Voice over Internet Protocol ternyata mampu mengubah pergerakan industri telekomunikasi yang secara luas menggelar penggunaan VoIP. Terminasi suara menggunakan jejaring internet pun sekarang mudah dilakukan oleh siapa saja di mana saja.

Kemajuan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) sekarang ini sudah mencapai tingkatan yang matang untuk digelar sebagai solusi murah sistem telekomunikasi, khususnya berkaitan dengan percakapan telefoni jarak jauh yang hemat. Kualitas suara yang dihasilkan pun mulai sempurna, bersamaan dengan semakin canggihnya jejaring internet yang marak kembali memanfaatkan kabel serat optik kualitas tinggi.

Operator telekomunikasi juga memanfaatkan dan menggelar teknologi VoIP secara meluas karena mudahnya instalasi dan penggunaan serta menjadi efisien dengan biaya kepemilikan total yang rendah. Biaya rendah ini karena dengan teknologi VoIP, penggunaan jejaring kabel digital cukup digelar satu kali dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari akses internet, pengaliran video digital, sampai VoIP yang mengeksploitasi digitalisasi panggilan telefoni secara maksimal.

Senao International, perusahaan Taiwan yang memproduksi produk jejaring digital yang memanfaatkan kabel dan nirkabel, menghadirkan produk unik berupa EnGenius SP-980 sebagai sentra IP-PBX yang cocok untuk keperluan usaha kecil menengah yang ingin menghemat biaya telekomunikasi.

Produk SP-980 menjadi IP-PBX (Private Branch Exchange) yang memanfaatkan terminasi ke luar dan ke dalam (FXS dan FXO), memungkinkan menghadirkan ekstensi antarcabang memanfaatkan jejaring internet serta menjadi perangkat terminasi panggilan lokal. Produk ini memungkinkan perusahaan skala kecil menengah menata tagihan telekomunikasinya serta memusatkannya menjadi kesatuan yang mudah digelar di mana saja.

Nirkabel

Penggunaan dan penggelaran perangkat ini dikendalikan melalui aplikasi Web sehingga perusahaan skala kecil dan menengah bisa mengendalikan sendiri keperluan sistem telekomunikasinya, baik untuk keperluan internal menata sambungan ekstensi tiap-tiap bagian maupun penataan telekomunikasi ke luar jaringan memanfaatkan internet.

Selain menghadirkan sistem IP-PBX SP-980, Senao juga memperkenalkan produk perangkat telefoni VoIP nirkabel SI-7800H yang memanfaatkan hotspot di tempat umum untuk melakukan panggilan telefoni. Bentuknya mirip dengan ponsel tanpa kemampuan panggilan seluler, dengan menu tampilan yang menampilkan koneksi nirkabel.

Prinsip kerjanya juga memanfaatkan SIP proxy dengan terlebih dahulu melakukan inisiasi registrasi ke server Session Initiation Protocol (SIP) yang menjadi standar baru dalam tata telekomunikasi dunia. Artinya, sistem telekomunikasi yang sekarang digelar di berbagai perusahaan tidak lagi harus terkoneksi pada perusahaan telekomunikasi tertentu, tapi bisa mengatur sendiri sistemnya dengan biaya yang lebih rendah.

Maraknya hotspot di berbagai mal menjadikan SI-7800H sebagai perangkat yang menarik untuk digunakan, selain mudah juga aman karena pembicaraan yang dilakukan tidak lagi khawatir bisa disadap oleh mereka yang tidak berkepentingan.

One response to “Teknologi VOIP Mampu Menurunkan Biaya Telekomunikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s