Rasa Aman Yang Dibutuhkan Dalam Menyatukan Video dan Audio Dalam Web Cam

Kamera digital memanfaatkan teknologi protokol internet atau IP tidak hanya memudahkan akses penglihatan penggunanya untuk berbagai kepentingan, tapi juga mampu menghadirkan konvergensi baru secara utuh kemampuan video melalui kamera IP dengan kemampuan audio yang tidak membutuhkan jalur ”bandwith” yang besar.

Perkembangan kamera IP setidaknya terbagi atas tiga, yakni memiliki lensa tetap (fixed), memiliki kemampuan gerak ke kiri-kanan, atas-bawah, dan zoom (disebut P/T/Z), serta kelas lingkaran (setengah lingkaran atau lingkaran utuh) yang disebut sebagai dome.

Dari beberapa kamera IP yang dicoba Kompas, mungkin Vivotek buatan Taiwan memiliki pilihan produk yang lengkap dan menarik. Instalasinya yang mudah dan sederhana serta daya tahannya untuk menayangkan gambar video pada berbagai kondisi siang-malam, serta cuaca, lebih baik dibandingkan kamera merek lain yang ada di pasaran.

Perangkat andalan Vivotek sekarang ini ada dua jenis, yakni seri SD7151 (gambar atas) sebagai kamera dome yang cocok untuk segala medan dan cocok digunakan untuk kepentingan militer memantau latihan di berbagai lapangan. Dalam percobaan Kompas memantau latihan militer, kamera IP SD7151 mampu menayangkan kegelapan malam secara tajam serta mampu bertahan terhadap serangan badai hujan mendadak dengan tetap menayangkan imej digital melalui jejaring internet.

Memiliki fitur pembesaran sampai 18 kali dengan menggunakan cip imej Progressive Scan CCD, SD7151 memiliki autofocus yang cepat dan stabil, mampu untuk menghadirkan ketajaman tayangan ketika dipasang pada ketinggian 20 meter di atas tanah. Pada saat angin menggoyang menara penyangga, SD7151 mampu untuk terus-menerus memfokuskan pandangan secara konstan, kemampuan yang jarang ditemui pada kamera IP merek lain.

Protokol VoIP

Produk Vivotek adalah seri IP6122 (gambar bawah kiri), IZ7151 (gambar bawah tengah), dan IP7135 (gambar bawah kanan). Yang unik dari produk-produk buatan Vivotek ini adalah kemampuannya mengintegrasikan audio dua arah menggunakan teknologi protok SIP yang biasa digunakan untuk keperluan pembicaraan telefoni Voice over Internet Protocol (VoIP).

Artinya, menggunakan kamera IP berbagai seri ini pemanfaatannya pun menjadi lebih luas, membangun jalur tayangan video digital dan sekaligus konversasi suara antara yang melihat dan yang dilihat. Kualitas suara yang dihasilkan kamera IP Vivotek ini pun keras dan jelas, dan sebagai perangkat pengintai menjadi ideal bagi pihak keamanan untuk melihat dan sekaligus ”mencuri dengar” percakapan.

Vivotek IZ7151 memiliki kemampuan pembesaran sampai 18 kali, sedangkan IP7135 menjadi kamera IP ideal yang memiliki kemampuan diakses menggunakan ponsel dan cocok untuk penggunaan rumah. Pada masa mendatang, kamera IP akan menjadi marak dan menjadi kebutuhan bagi siapa saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s