Membuat Tayangan Definisi Tinggi Dalam Layanan Antar Muka Video Di Komputer

Salah satu perkembangan penting teknologi komputer dewasa ini adalah kehadiran perangkat antarmuka video yang mampu menayangkan resolusi definisi tinggi dan sekaligus harganya yang terjangkau merambah konsumen yang ingin mulai masuk ke era futuristik tayangan video yang lebih realistis.

Berbeda dengan sebelumnya, kehadiran berbagai teknologi monitor dan teve yang menggunakan teknologi liquid crystal display (LCD) sekarang mampu berintegrasi secara utuh dengan perangkat antarmuka video pada komputer, menghadirkan video yang nyaman untuk dinikmati siapa saja.

Skala ekonomi yang semakin rendah dan terjangkau oleh konsumen umumnya telah membuka cakrawala baru penggunaan komputer di mana-mana. Melihat perkembangannya, sekarang menjadi sulit untuk membedakan penggunaan monitor dan teve, kecuali pada perangkat penerima tevenya sendiri.

Komponen yang ada pada monitor dan teve mendekat satu sama lain menghadirkan era baru yang disebut sebagai definisi tinggi, merapatkan jumlah piksel pada tayangan serta memperluas cakrawala warna menjadi lebih kaya.

Ini, misalnya, mulai muncul pada berbagai permainan komputer yang lebih realistis, dikembangkan untuk menghadirkan suasana alamiah di kaca monitor yang kita gunakan. Permainan digital komputer seperti Crysis buatan Electronic Arts atau seri permainan Rainbow Six yang diangkat dari novel fiksi ilmiah karya Tom Clancy ketika dihadirkan dalam tayangan definisi tinggi menyebabkan penggunanya hanyut dalam simulasi pertempuran realistis.

Kedua jenis permainan ini, khususnya Crysis yang akan menghadirkan sekuel terbarunya, Crysis Warhead, mengeksploitasi kemajuan teknologi antarmuka VGA yang semakin canggih dengan inti (core) yang lebih banyak dari sebelumnya menjadi prosesor grafik yang mampu untuk bekerja secara simultan lebih cepat.

Kita akan memasuki sebuah situasi yang akan mampu menghadirkan berbagai simulasi secara lebih realistis dan disesuaikan dengan kebutuhan, cocok untuk penggunaan aparat kepolisian dan unit militer melakukan latihan menembak secara tepat, manuver pertempuran, dan sejenisnya. Ini memungkinkan karena apa yang kita lihat dalam tayangan monitor komputer sekarang menjadi lebih realistis sesuai aslinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s