Konvergensi Digital Multimedia dan Audio-Video

Dalam berbagai lingkungan organisasi, kehadiran komputer terutama mesin-mesin server dengan perangkat pendukungnya berupa keyboard, mouse, maupun monitor video menambah berbagai beban pekerjaan untuk bisa dikendalikan secara efisien dan cepat. Sebuah data center, misalnya, memerlukan kendali tunggal agar perangkat pendukung yang diperlukan tidak perlu terlalu banyak.

Perangkat yang lazim disebut KVM (keyboard, video, mouse) ini hadir karena setiap hari komputer yang harus dikelola dan digunakan untuk fungsi berbeda menjadi semakin banyak. Kehadiran internet mengharuskan pengelolaan berbagai mesin server bisa dilakukan secara bersamaan.

Perusahaan Taiwan, Oxca Technology Co Ltd, yang membuat beberapa KVM, belum lama ini memperkenalkan beberapa produk pengendali komputer dan monitor video, terdiri dari 2 rongga, 4 rongga, termasuk perangkat pembagi (splitter) video yang menggunakan teknologi HDMI (High Definition Multimedia Interface) yang akan menjadi standar di masa depan.

Salah satu perangkat Oxca yang menarik adalah produk KSP-104A yang merupakan produk KVM empat rongga menggunakan PS/2. Perangkat yang berbentuk kotak empat persegi panjang ini sangat ideal untuk digunakan di rumah ketika komputer yang terdiri dari desktop dan notebook mulai menjadi perangkat standar digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Produk yang tidak menggunakan tenaga listrik ini mudah digunakan dengan menekan tombol hot keys untuk berpindah kendali dari komputer satu ke lainnya. Produk ini bisa menggunakan mouse berbagai merek, seperti buatan Logitech, Microsoft, dan lainnya. Sebuah indikator lampu LED membantu memberitahukan penggunanya komputer mana yang sedang digunakan.

Konvergensi

Produk menarik lain Oxca adalah pengendali multimedia memanfaatkan rongga HDMI mengantisipasi kehadiran teknologi definisi tinggi. Kabel yang menggunakan HDMI sekarang menjadi standar karena kapasitas bandwith-nya yang bisa mencapai 5 Gbps dan menjadi kabel penting dalam rangka konvergensi antara komputer multimedia dan produk-produk audio-video yang berkemampuan multikanal.

Pilihan yang disediakan Oxca adalah splitter empat rongga HDMI dan delapan rongga. Yang menarik dari produk ini adalah kemampuannya untuk mendukung resolusi definisi tinggi untuk teknologi HDTV atau BluRay yang menghadirkan resolusi 489i, 480p, 720p, 1080i, dan 1080p.

Produk-produk ini menandakan konvergensi digital tidak lagi terbatas keperluan mengendalikan komputer saja, tapi juga meluas ke produk audio-video yang semakin mendekati kenyataan bahwa integrasi menjadi pilihan penting dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s