Kombinasi GPS, Multimedia, dan Bluetooth Dalam Satu Gadget

Kemajuan teknologi satelit memungkinkan siapa saja menentukan posisi lokasinya secara tepat memanfaatkan perangkat navigasi personal yang tersedia di pasaran sekarang. Memanfaatkan satelit, produk lokasi geografis menjadi mudah dilakukan oleh siapa saja di mana saja.

Penggunaan perangkat Global Positioning System (GPS) di Indonesia memang menghadapi beberapa kendala tersendiri walaupun berbagai perangkat GPS yang ada di pasaran sekarang memiliki peta Indonesia yang terbilang lengkap. Untuk mengetahui posisi geografis menggunakan GPS memang menjadi lebih mudah, tetapi ketika perangkat ini dijadikan penentu arah ada persoalan yang muncul.

Berdasarkan pengalaman Kompas, untuk menentukan Jalan Mawar di wilayah Jakarta, bukan sebuah pekerjaan mudah. Karena, perangkat GPS yang menggunakan beberapa aplikasi perangkat lunak bisa menampilkan belasan nama Jalan Mawar yang tersebar di beberapa pelosok kota Jakarta.

Terlepas dari persoalan ini, sebuah perangkat GPS baru seri SpeedNav SN-869PN mungkin mampu memberikan perbedaan dan menarik minat konsumen. SpeedNav terbaru ini memiliki monitor yang lebih besar ukuran 4,3 inci menggunakan teknologi TFT LCD berwarna dengan tampilan yang terang dan jelas.

Produk yang menggunakan prosesor sama buatan Samsung berkecepatan 400 MHz, seperti produk sebelumnya SN-698PN yang lebih kecil (lihat Kompas 16/4), juga menggunakan aplikasi geografi Map King terbaru yang sudah mencakup wilayah Jawa, Sumatera, dan Bali lebih lengkap dibandingkan versi sebelumnya.

Fitur menarik produk SpeedNav terbaru yang menggunakan sistem operasi Windows CE versi 4.2 adalah kemampuannya berfungsi sebagai perangkat multimedia, digunakan untuk menyimpan foto digital atau mendengarkan musik digital yang disimpan dalam SD Card.

Memiliki fitur Bluetooth, SpeedNav SN-869PN ini juga bisa terkoneksi ke ponsel dan menjadi pengeras suara untuk berbicara ketika ada panggilan telefoni. Kombinasi GPS, multimedia, dan Bluetooth ini menjadi lebih nyaman dan aman, terutama bagi mereka yang mengendarai kendaraan, untuk tetap fokus pada kemudi dan menerima panggilan masuk tanpa harus mengangkat ponsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s