Cara Menjaga Informasi secara Aman dan Antisipatif Ala Qnap Systems Inc

Tantangan terbesar di tengah kemajuan dan kecepatan akses informasi digital sekarang ini adalah menyimpan dan sekaligus melindungi berbagai data dan informasi yang dimiliki dalam sebuah kapasitas penyimpanan digital yang mudah diakses dan terpercaya mampu melindungi informasi yang penting dan dibutuhkan.

Persoalan yang dihadapi para pengguna akses internet di era pita lebar kecepatan tinggi sekarang ini adalah kuantitas informasi yang mampu diserap sebesar-besarnya dan seluas-luasnya. Informasi tidak lagi berupa teks, tetapi juga imej digital berupa foto ataupun video serta audio, yang condong ingin disimpan oleh penggunanya.

Selama ini, Qnap Systems Inc, perusahaan asal Taiwan yang bergerak dalam penyimpanan digital di dalam jaringan, mampu menghadirkan berbagai produk untuk keperluan penyimpanan dan sekaligus melindungi berbagai data digital yang dimiliki. Produk terakhir yang dicoba Kompas adalah TS-409 Pro yang memiliki empat penampang penyangga harddisk dengan kapasitas sampai dengan 4 TB.

Kapasitas sebesar ini setara dengan 400 judul video digital dalam format definisi tinggi HDTV atau BluRay, dan Qnap secara gemilang berhasil menghadirkan produk yang dapat diandalkan dengan memperkenalkan berbagai fitur NAS (network area storage) dengan solusi backup yang paling lengkap, khususnya untuk penggunaan kapasitas RAID (redundant array of independent disks) secara online.

Kemampuan Qnap TS-409 Pro yang mendukung penggunaan Active Directory dalam lingkungan server Windows buatan Microsoft, misalnya, memungkinkan para pengguna domain Windows untuk mengakses data yang terkolaborasi dengan otentikasi Active Directory. Pola ini menjadikan para administrator jaringan menjadi lebih mudah untuk bekerja dengan hanya mengandalkan manajemen jaringan secara terpusat.

Di sisi lain, kehadiran produk TS-409 Pro secara antisipatif mampu menghadirkan fitur yang mengintegrasikan keseluruhan perkembangan sistem jejaring digital, termasuk mengembangkan aplikasi penggunaan kamera video digital berbasis protokol internet. Produk NAS ini mempunyai fitur yang disebut sebagai Surveillance Station, memungkinkan untuk memonitor, merekam, dan menayangkan ulang dua buah kamera IP.

Ringkasnya, TS-409 Pro juga menjadi semacam server video, di mana keseluruhan tayangan kamera IP dikirim ke perangkat NAS Qnap ini, dan akses oleh penggunanya bisa dilakukan melalui perangkat ini, termasuk semua fitur kendali PTZ (pant, tilt, zoom), menyebabkan penggunaan jaringan lebih efisien.

Produk TS-409 Pro ini cocok digunakan untuk berbagai keperluan untuk menyimpan berbagai informasi digital penting, dengan sistem keamanan yang terpercaya dan dapat diandalkan. Keragaman fitur yang dimiliki produk ini pun memungkinkan TS-409 Pro digunakan untuk menyimpan berbagai informasi, termasuk yang berkaitan dengan kepentingan umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s