Teknologi Penghitung SMS Agar Terhindar Dari Kerugian Karena Perang Tarif

Trend perang tarif operator masih berlangsung. Berbagai skema tarif baru yang makin murah dan menarik terus diluncurkan operator. Bagaimana dengan SMS? Apakah mengalami trend yang sama?

Tarif SMS memang turun. Namun, tidak seheboh penurunan tarif percakapan. Ternyata, banyak operator lebih memilih memberikan paket SMS murah kepada pelanggannya, daripada menurunkan tarif sms reguler secara drastis. Artinya, tarif SMS di luar paket itu tetap masih cukup mahal.

Contoh, paket SMS Mania dari kartuAs (Telkomsel) menawarkan paket pengiriman 400 SMS ke seluruh operator, dengan biaya Rp 20 ribu. Artinya biayanya hanya Rp 50/ SMS. IM3 Indosat menawarkan paket SMS 200 seharga Rp 8000, yang berarti hanya Rp 40/ SMS ke sesama Indosat. Sedangkan XL Bebas memberikan paket SMS Murah Rp 5000 untuk 125 SMS ke semua operator, yang berarti tarifnya Rp 40/ SMS.

Dengan sistem jatah seperti itu, kita mesti mencermati jumlah SMS yang dikirim, agar kuota tidak terlewati dan terkena tarif standar yang jauh lebih mahal. Aplikasi SMSCount bisa melakukan tugas menghitung ini dengan mudah, dengan menampilkan akumulasi SMS yang telah dikirim.

Inilah Caranya
1. Aktifkan aplikasi, dan tunggu sampai muncul jumlah SMS:0 di layar ponsel. Pilih Options. Geser tombol navigasi ke kanan untuk melakukan pengaturan yang penting, seperti Autostart (On) agar aplikasi otomatis aktif saat ponsel dinyalakan. SMS on Dekstop (On) agar tampilan jumlah sms yang terkirim selalu muncul di layar. Di Choose a counter, pilih Auto atau Manual.

2. Di bagian Month Start at (day), isikan pula pada hari ke berapa SMS akan mulai dihitung dalam satu bulan. Matikan (Off) saja pilihan Transparent agar jumlah SMS terlihat dengan jelas di layar ponsel. Pilih pula warna latar, warna teks, warna huruf.

3. Isikan pula berapa format SMS yang dikirim (Short/Long), dan isikan harga per SMS-nya.

4. Geser tombol navigasi ke kanan lagi untuk mengetahui detil perhitungan SMS yang terkirim. Tersedia pilihan Manual counter untuk mengetahui jumlah SMS pada hari itu.

Pilihan Total untuk mengetahui jumlah SMS sejak tanggal 1 bulan yang sedang berjalan hingga tanggal hari SMS terakhir dikirim. Pilihan paling bawah untuk menunjukkan jumlah SMS terkirim selama sebulan penuh. Semua pilihan menyertakan jumlah SMS yang terkirim dan berapa dana yang telah dikeluarkan, berdasarkan tarif per SMS yang telah diisikan. Karena basisnya adalah Cent dollar, maka total dana yang terpotong terlihat diberi koma. Abaikan saja koma tersebut.

INFORMASI:
Nama: SMSCount
Ponsel: Nokia 7650/3650/3600/3660/3230/6680/6681/6682/N70/N72/N90/3620/6600/6620/7610/6260/6630/6670/N-Gage/N-Gage QD/Siemens SX1/Panasonix SX700/800, Samsung SGH-D700/D710/D720/D730/Z600
Harga: US$5.95
Download: http://my-symbian.com/s60/software/applications.php?faq=40&fldAuto=1530

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s