Menyamakan Volume File MP3 Pada MP3 Player

Anda mungkin pernah mengalami kejadian yang mirip dengan kejadian ini. Anda sudah mengepaskan volume dengan lagu yang sedang Anda dengarkan. Tapi, ketika Anda melompat ke lagu berikutnya, tiba-tiba DUAR. Lagu berikutnya terdengar sangat keras padahal Anda tidak mengubah volume. Jadilah Anda harus memperkecil volume. Lho, apa harus selalu begitu setiap kali lagu berganti?

File lagu memang bisa begitu. Volume sebuah file lagu bisa berbeda dengan file lagu lain. Perbedaan itu muncul karena faktor yang bererot — sumber yang berbeda, metode “digitalisasi” (baca: cara buat file audio) yang berbeda, selera orang yang melakukan “digitalisasi”, dan faktor-faktor lain.

Ada cara supaya telinga Anda tidak rusak karena dikejutkan oleh lagu yang volumenya kelewat besar. Anda bisa mengatur agar semua lagu yang diputar memiliki volume yang sama. Caranya sungguh gampang, bisa langsung dilakukan di Windows Media Player terbaru yang ada di Windows Vista. Begini caranya.

1. Jalankan Windows Media Player, terus klik tanda panah di bawah tab “Now Playing”, arahkan ke [Enhancement], lalu klik [Crossfading and Auto Volume Leveling].
2. Klik [Turn on Auto Volume Leveling].
3. Putar sebuah lagu. Windows Media Player kemudian akan menentukan volume yang pas untuk file itu. Ketika besok-besok diputar, volume lagu otomatis diatur ke volume pas itu.
4. Sekarang kita akan mengatur volume untuk semua lagu yang ada di pustaka (library) Windows Media Player. Klik tanda panah di bawah tab “Library”, kemudian klik [Add to Library].
5. Klik [Advanced Options] dan beri tanda centang pada [Add volume-leveling values for all files (slow)]. Proses ini akan memakan waktu yang lamanya tergantung pada banyaknya file yang ada di pustaka Windows Media Player.

Namun cara lewat Windows Media Player ini tidak mengubah file. Kalau file diputar di pemutar lain atau di pemutar media portabel, volumenya kembali ke volume asal.

Ada catatan lain. Pengubahan volume ini cuma bisa dilakukan pada format MP3 yang mengandung nilai volume dalam informasi file. Informasi nilai volume itu disimpan dalam file pada saat file MP3 dibuat, misalnya saat ripping dari CD.

Supaya Volume Berubah Permanen
Volume lagu yang berbeda-beda setiap file bisa membuat masalah. Pasti repot kan kalau setiap kali melompat lagu, kita harus mengubah volume supaya kuping kita nikmat mendengarnya.

Di atas, Anda akan mendapati bagaimana mudahnya menyamakan volume lagu pada Windows Media Player. Sayangnya, pengaturan volume itu cuma berlaku di Windows Media Player. Ketika lagu diputar di tempat lain, volumenya kembali ke asal. Nah, supaya tidak kembali ke asal, kita pakai aplikasi lain. Namanya: MP3 Gain.

Anda bisa memperoleh MP3 Gain yang freeware itu dari http://mp3gain.sourceforge.net/download.php. Versi stabil yang paling baru adalah versi 1.2.5, jadi klik [mp3gain-win-1_2_5.exe] untuk men-download-nya. Kalau proses download sudah selesai, install MP3 Gain.

Langkah-langkahnya:
1. Di jendela MP3 Gain, klik [Add File (s)] untuk memasukkan satu atau sekaliguas beberapa file lagu. Kalau lagu Anda sudah rapi dalam suatu folder, klik [Add Folder] untuk menambahkan folder lagu Anda ke dalam MP3 Gain.
2. Anda bisa level volumenya pada volume standar pada 89.0 dB. Aturlah agar sesuai dengan telinga Anda.
3. Kalau Anda ingin menganalisis volume suatu lagu agar Anda bisa menentukan volume setiap lagu secara manual, klik [Track Analysis].
4. Untuk langsung mengatur volume lagu, Anda bisa mengklik [Track Gain].
5. Proses penyamarataan volume dalam proses. Setelah selesai, Anda bisa menutup program tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s