Jadilah Astronom Dengan Menghadirkan Teleskop Bosscha Di Monitor PC Anda

Untuk memboyong ‘teleskop besar’ untuk mengintip luar angkasa ke kamar tanpa beli teleskop secara fisik mudah saja. Anda cukup memanfaatkan aneka software astronomi yang dapat digunakan untuk menjelajah angkasa. Jumlahnya mencapai puluhan. Banyak pula yang gratis. Dan meski bahasannya astronomi, bukan berarti Anda mesti mendalami bidang tersebut untuk dapat memanfaatkannya. Asalkan berminat, Anda dijamin bisa menikmatinya.

Fasilitas apa saja yang disediakan? Ada yang berupa planetarium virtual, ada pula yang memberikan kemudahan untuk menghitung pergerakan benda langit. Sejumlah aplikasi juga menawarkan tampilan 3D yang menyenangkan untuk dilihat.

Salah satu aplikasi mengenai teleskop yang paling gres adalah software bikinan Microsoft yang bernama Microsoft WorldWide Telescope. Silakan download secara gratis di research.microsoft.com/projects/wwt/ atau http://www.worldwidetelescope.org.

Installer file untuk aplikasi versi 2.1.6.1 ini sekitar 20,8MB. Untuk menjalankannya, PC Anda harus mendukung Microsoft Windows XP SP2/Vista, prosesor Intel Core 2 Duo 2GHz, memori RAM 1GB, kartu grafis 128MB, ruang hard disk 1GB, Microsoft DirectX versi 9.0c, dan .NET Framework 2.0. Sudah siap semua? Ayo, kita jajal.

1. Install dan jalankan aplikasi Microsoft WorldWide Telescope. Sebelum memulai, pastikan PC Anda telah memenuhi syarat spesifikasi untuk menjalankannya. JIka sudah, klik [Start] > [All Programs] > [Microsoft Research] > [WorldWide Telescope]. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela utama.

2. Klik [Close] untuk menutup jendela pengantar. Anda bisa langsung menjelajah angkasa. Arahkan pointer ke menu “Look At” yang ada di kiri bawah. Pilih salah satu opsi yang tersedia: Earth (untuk melihat bumi dari angkasa), Planet (untuk mengunjungi planet lain), Sky (untuk melihat angkasa dari bumi dengan tampilan serupa di teleskop), dan Panorama (untuk melihat panorama beberapa obyek langit yang dikunjungi satelit).

3. Misalkan Anda membuka [Planet]. Selanjutnya, Anda bisa memilih planet yang hendak dikunjungi di menu “Imagery”. Tampilan planet tersebut akan muncul di layar utama. Anda bisa memperbesar tampilannya dengan menekan tombol [+] di kibor. Sedangkan untuk mengecilkannya, gunakan tombol [-].

4. Anda bisa melihat seluruh permukaan obyek langit dengan memutarnya. Caranya, klik obyek, lalu gerakkan mouse pointer secara vertikal atau horisontal untuk melihat tampilan permukaan lainnya. Bisa juga dengan menggunakan tombol arah (tanda panah) di kibor.

5. Untuk melihat koleksi obyek langit lainnya, Anda bisa menggunakan menu di bagian atas jendela. Jika ingin melihat rasi bintang, Anda bisa mengklik [Constellations]. Selanjutnya, pilih rasi bintang yang hendak dilongok dari menu baru yang muncul. Tampilan ruang angkasa akan hadir dengan rasi bintang terpilih.

6. Ingin melihat foto-foto langit hasil tangkapan satelit yang melayang di angkasa? Coba klik dulu link [Collections] yang ada di sudut kiri atas. Selanjutnya, pilih opsi [Hubble Images], [Chandra Images], atau [Spitzer Images]. Pilih gambar langit yang tersedia. Di sana, Anda bisa melihat aneka nebula atau galaksi yang letaknya sangat jauh dari bumi kita.

7. Asyiknya lagi, Anda bisa menghubungkan teleskop digital Anda dengan aplikasi ini—bisa diset di menu [Telescope]. Dari sini, Anda dapat mengontrol bidikan teleskop melalui aplikasi dan gambarnya secara langsung bisa ditampilkan. Singkatnya, seru! Berkat aplikasi ini, Anda tak perlu lagi pergi ke planetarium.

TIP: Aneka Teleskop Virtual Gratisan

Banyak software yang bisa Anda gunakan untuk menjelajah luar angkasa. Selain Microsoft Worldwide Telescope, aplikasi astronomi lainnya yang tersedia secara cuma-cuma antara lain:
– Adastra (www.stella2000.com/adastra.htm)
– 3D Space Tour screensavers (www.fpsoftlab.com/products.htm)
– Alcyone Ephemeris (www.alcyone-ephemeris.info)
– AstroCalculator (www.astrocalculator.com)
– AstroGrav (www.astrograv.co.uk)
– AstroSnap and AstroSnap Pro (www.astrosnap.com)
– Celestia (www.shatters.net/celestia)
– CNebulax (www.uv.es/jrtorres/CNebulaX.htm)
– Coeli-Stella 2000 (www.stella2000.com)
– CoolSky (www.astronomica.com)
– Cybersky (www.cybersky.com)
– Encyclopedia Galactica (www.eureka.ya.com/javastro)
– Google Moon (moon.google.com)
– Hallo Nothern Sky (www.hnsky.org)
– Sky Atlas (www.skyatlas.eu)
– Solar System 3D Simulator (www.sciencefair-projects.org)
– Stellaris (www.software-stellaris.com)
– Stellarium (www.stellarium.org)
– Winstars (www.winstars.net)
– Xephem (www.clearskyinstitute.com/xephem)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s