Tehnik Menginstal Ulang Sistem Operasi Dengan Cepat

Install ulang sistem operasi barangkali sering dilakukan oleh banyak pengguna komputer. Ketika komputernya dirasa sudah “lemot” karena banyaknya hal-hal yang tidak penting, install ulang bisa jadi penyegaran.

Instalasi sistem operasi memakan waktu yang tidak sebentar. Yah, siapkanlah waktu 30 menit – 1 jam. Lamanya instalasi tergantung perangkat keras (baca: prosesor, memori, dan harddisk) yang dipakai.

Sebetulnya instalasi ulang sistem operasi tidak selalu harus berjalan begitu lama. Dengan melakukan kloning terhadap harddisk, kita tidak perlu melalui proses instalasi yang panjang. ita cuma perlu menyalin dari hasil kloning dan PC pun bersistem operasi lagi. Supaya hasil kloning berupa sistem operasi yang masih segar, lakukan kloning sesaat setelah Anda selesai meng-install sistem operasi dan berbagai driver. Program-program lain sebaiknya belum di-install.

Inti dari kloning harddisk adalah menyalin isi seluruh harddisk ke media lain – bisa ke harddisk lain, CD, DVD, atau harddisk eksternal. Dengan melakukan kloning, Anda akan mendapatkan isi CD-R sama persis dengan isi harddisk.

Kita butuh beberapa parangkat untuk melakukan kloning. Pertama adalah software untuk kloning. Salah satu yang bisa gunakan adalah Norton Ghost dari Symantec. Kita juga butuh CD-writer, CD start-up, dan 2 disket floppy 1, 44 MB.

Simpan ke CD
Karena kita akan melakukan kloning terhadap sistem operasi, drive yang berisi sistem operasi yang akan dikloning – biasanya drive C. Tapi, bisa saja kan sistem operasi ada di drive lain, misalnya karena ada lebih dari satu sistem operasi dalam PC.

Pada tutorial ini, PCplus akan melakukan kloning terhadap drive C yang berisi sistem operasi Windows dengan ukuran partisi sebesar 400 MB.

Tanpa ba bi bu lagi, mari langsung mulai.
1. Jalankan Norton Ghost dengan mengklik [Start] > [Program] > [Norton Ghost] > [Norton Ghost].
2. Anda akan menjumpai tampilan Ghost Basic. Pilih opsi pertama, yaitu [Backup].
3. Klik [Next].
4. Dalam opsi Source pilih pilih drive C. Dalam opsi Destination pilih [Recordable CD or DVD]. Setelah itu, klik [Next] > [OK].
5. Tekan tombol [Next], [Next] lagi, [Next] sekali lagi. Lalu klik [Continue], klik [Run Now], dan terakhir klik [OK].
Windows akan restart dan Norton Ghost pun melakukan back-up. Kini Anda memiliki 1 CD yang merupakan image dari drive C Anda. Isi dari CD tersebut hanyalah 1 file yang berekstensi GHO. Anda tidak dapat melihat isi dari file tersebut tanpa bantuan Ghost Explorer. Dengan bantuan Ghost explorer, Anda dapat melihat file yang ada di dalam file GHO tersebut.

Bikin Start-up Disk
Kita butuh disket start-up agar hasil image berupa file GHO bisa dipakai ketika kita hendak “meng-install ulang” sistem operasi. Start-up disk itu berupa dua disket floppy 1,44 MB. Disket pertama kita sebut “disket A”, sedangkan disket kedua kita sebut dengan “disket B”.

Jalankan Norton Ghost dan klik [Ghost Utilities] > [Norton Ghost boot wizard] > [CD/DVD startup disk with ghost] > [Next] > [Use PC-DOS] > [Next] > [Next] > [Next] > [Next] > [OK]. Masukkan disket kosong untuk dijadikan CD/DVD start-up. Tekan [Start] untuk melakukan format disket, setelah itu tekan [Close].

Selanjutnya disket akan dijadikan start-up disk. Ketika konfirmasi untuk memasukkan disket kedua muncul, keluarkan disket A dan masukkan disket B. Tekan [Start] untuk melakukan format dan tekan [Close]. Tunggu sampai proses selesai, lalu tekan [Finish] untuk mengakhiri.

Kini Anda telah memiliki 2 disket startup disk. Disket ini yang akan digunakan untuk booting pertama kali. Perlu diperhatikan bahwa kedua disket itu saling berhubungan satu sama lain. Disket A tidak dapat berjalan tanpa adanya disket B, begitu pun sebaliknya. Disket B tidak dapat berjalan tanpa adanya disket A.

“Install”
Kenapa install-nya dikasih tanda petik? Itu karena sesungguhnya kita tidak meng-install sistem operasi. Tetapi, hanya menyalin sistem operasi yang pernah kita install sebelumnya.

Langkah-langkah ini dilakukan ketika kita hendak menyegarkan kembali sistem operasi. Yang kita lakukan adalah kloning dari CD ke harddisk.

Pada BIOS, aturlah agar boot dilakukan dari disket floppy. Masukkan disket A pada floppy drive. Ikuti petunjuk yang ada pada monitor, jika Anda disuruh memasukkan disket B, maka masukkan disket B. Anda diminta untuk memasukkan disket A kembali dan tekan [Enter], dan yang terakhir Anda diminta kembali untuk memasukkan disket B.
Kini Anda telah memasuki Norton Ghost.

Untuk melakukan kloning dari CD ke harddisk, pilih [Local] > [Partition] > [from image]. Arahkan pada CD-ROM yang berisi file GHO, lalu tekan [Open]. Pada “Select source partition from image file”, klik [OK]. Lalu pada “Select local destination drive by clicking on the drive number”, klik [OK]. Pilih drive yang akan dikloning, pilih drive C, tekan [OK] dan tekan [Yes].

Kloning akan berjalan sampai mencapai 100 persen. Tekan [Reset computer] untuk restart. Keluarkan disket dari floppy drive dan aturlah pada BIOS Anda agar melakukan booting pertama dari hard disk.

About these ads

30 responses to “Tehnik Menginstal Ulang Sistem Operasi Dengan Cepat

  1. Ribet banget, gak sekalian saja bikin startupnya di CD, jd ketika diboot cd nya langsung tinggal panggil ghost, jd gak usah ganti2 disket.

  2. ak,punya masalah ni pada computer saya.computer saya tiba” eng bisa baca perogramnya apa penyebabnya…..
    tlng dikasi tau dong.

    • sebelumnya maaf buat writer of this article, maaf ya mas, mas atau mbak Iyal, masalah seperti itu sudah lazim di alami tiap2 kompi, penyebab yang paling banyak karena adanya BADSECTOR pada HARDDISK, terjadinya badsector paling banyak di karenakan adanya kesalahan saat melakukan instalasi program ( program apapun ), check aplikasi apa saja yang mungkin terasa berat untuk dijalankan padahal mestinya ringan, kalau dapet buang atau instal ulang aplikasi tersebut, cara ini sering saya lakukan dan hasilnya mengurangi maslah Hang kompi saya, namun ini tidak menyembuhkan Badsector pada Harddisk, menyembuhkan badsector ada tekniknya sendiri ……….. kalo masih merasa kurang harap maklum , masih NEWBIE

  3. informasinya di perbanyak biar yang membaca lebih tau banyak.tank

  4. cara mengembalikan folder opsen yang hilang pada komputer ketika di searang virus.

  5. bisa di kasi screenshotnya?
    jd biar lebih mudah mempraktekkannya.

  6. thanks atas infox…

    berguna skali mas

  7. wew….
    klu gag salah start up di disket kan…
    truz td di situ ADA pilihan use PC-DOS knpa ya harus pilih itu….
    apabila di pilih yg lain gmna efk yg terjadi…

  8. mau tanya cara mengembalikan extesi yang hilang

  9. gimana cara membobol prongram hinga tau paswword serial nember nya?

  10. kk…
    nih saya sudah menginstal ulang komputer..

    tapi kenapa kok speaker saya tidak bisa mengeluarkan suara..
    padahal sudah menyala..

    mohon balasannya..
    TQ..

  11. terima kasih atas ilmu dan informasinya kalau dapat berikan langkahnya dalam bentuk format dan data dalam vidios,trims

  12. start ja ga bisa gmna cranya masuk

  13. start ja ga bisa gimana caranya agar bisa lepas dari corrupt

  14. Ass….Aku mo nginstaL ULANG KOMPUTERKU Nih,kasih tau dong caranya secara detail…
    thank’s…

  15. waduh ruwetnya sahabat…… saya selalu gagal… klo dah pening komputerku koq lemes terus sy bwa ke service! bangkrut aku…!

  16. muhammad hafifi

    gmn cr mengetahui serial numbernya ?

  17. bgmana cr mengetahui serial numbernya?

  18. waw.. ternyata masih ada juga gunanya Floppy disk 1,44.. good lookin’ bro!!

  19. aeng bawa kayu
    tankyu

  20. Cara di atas sangat sederhana, sehingga bisa digunakan bagi pengguna komputer yang awam. Thanks ya

  21. makasih sob.. Akhirnya tau juga caranya :))

  22. ribet apa lagi jaman sekarang banyakan pc dah ga pake flopy acem jadul lah ………… make itu……… mesti bawa2 flopy disk segala padahal di jual aja dah ga da gimana tuh gan??

  23. wah, teknik ne g bisa diterapkan di laptop n berbagai merek PC terbaru y.

    sayang sungguh sayang, karna banyak pc yang g punya disk untuk membaca disket.

  24. makasih bro info and ilmunya,..
    bro apa gak bisa kita back up ke cd aja bro!
    gak usah ke flopy?
    thx

  25. saya ada usul bagaimana kalau Flippy disk nya di ganti dengan Flashdisk. gimana tuh caranya

  26. Pingback: instalasi « epua7

  27. mau tanya mas laptop saya kok gak bisa buat mengintal progam/aplikasi apapun buat instalasi eror
    apa harus di instalasi ulang mas,?
    terus lok nginstal gak pakek CD apa bisa mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s