Kensington SlimBlade Presenter Mouse, Mouse Tarik

Mouse pipih nirkabel ini sempat membuat kami bingung. Biasanya receiver/dongle USB mouse Kensington disimpan di bagian bawah mouse. Namun yang ini tidak. Kompartemen batere di bagian bawah bahkan tidak menyisakan tempat untuk dongle. O ya, berbeda dengan biasanya, kompartemen batere ini didorong ke arah belakang, bukan ke depan.

Ternyata sisi mouse yang terbuat dari metal itu harus ditarik ke atas badan mouse. Pada posisi seperti itu, mouse tampak istimewa. Ada yang mengatakan mirip ponsel, ada yang menyebutkan serupa tas jinjing wanita. Memang mouse kini menjadi bak ber-handle, yang juga boleh dimanfaatkan untuk menentengnya atau menggantungnya (jika ada) di kait di meja komputer sehingga hemat tempat simpan dan tidak mudah hilang.

Ketika bagian sisinya terkuak, akan tampak tombol di sisi kanan, dan ‘tonjolan’ di sisi kiri. Gunakan ujung jari untuk menekan tombol yang berfungsi sebagai tombol eject di sisi kanan. Nah, di sisi kiri akan menyembul badan dongle mungil. Kita tinggal menariknya ke luar, lalu menancapkannya ke port USB komputer. Tidak perlu pasang driver apa pun agar mouse dikenali.

Usai dipakai, tarik lagi bagian sisi mouse, lalu dorong masuk dongle sambil menekan tonjolannya agar dongle terkunci di slotnya. Setelah itu kembalikan posisi bagian sisi mouse.

Batere 6 Bulan
Begitu terkunci di slotnya, daya batere akan dimatikan. Ini berarti penghematan usia batere. Karena itu, seperti pada mouse nirkabel Kensington lain, daya batere diklaim mampu bertahan sampai enam jam.

Daya ini bisa dipantau dari LED di sisi kiri badan mouse. Jika berwarna hijau, berarti daya masih baik. Jika warnanya berubah merah, bersiaplah memasukkan sepasang batere AAA baru karena berarti daya batere sudah menipis (<= 10%).

Bisa Jadi Remote Presenter
Ada keistimewaan lain pada mouse SlimBlade Presenter ini. Sesuai namanya, mouse nirkabel nan ergonomis dan tipis ini juga dapat berfungsi sebagai remote presenter. Aktifkan dulu program MS PowerPoint, kemudian panggil file presentasi Anda. Berikutnya, tekan panel metal bertuliskan Mode pada badan mouse selama dua detik. Maka di sisi kiri dan kanan tombol scroll 4-arah itu, LED putih segitiga akan berkedip-kedip, mengindikasikan aktifnya moda presentasi.

Nah, sekarang mouse sudah berubah fungsi menjadi presenter. Anda boleh mengangkatnya dari mengoperasikannya dari jarak maksimal 10 meter. Klik kanan untuk membalik halaman file presentasi Anda ke halaman berikutnya (Forward), atau klik kiri untuk mundur ke halaman sebelumnya (Backward). Menyenangkan bukan? Untuk mengubahnya kembali menjadi mouse nirkabel, tekan lagi panel dekat tombol scroll-nya selama dua detik.

Scroll 4-Arah
Ada satu fitur lain yang menyenangkan. Tombol scroll karetnya bersifat 4-arah. Pada moda Mouse, mouse ini tidak cuma bisa menggulung secara vertikal, tetapi juga horisontal jika tombol digoyang ke kiri atau kanan.

Gulung horisontal ini berlaku pada Microsoft Office (Basic) 2003/2007, dan Internet Explorer pada sistem operasi Windows XP/Vista dan Mac (Tiger) OS. Namun agar fitur ini aktif, kita harus memasang driver yang dibundelkan dalam CD-nya.
***

Sebagai mouse nirkabel, Kensington SlimBlade Presenter ini nyaman di tangan: ergonomis, mulus, presisi. Fisiknya yang tipis menyebabkan mouse enak dibawa ke mana pun, termasuk dimasukkan ke saku baju. Apalagi fisiknya pun menarik dengan finishing yang cantik.

Harganya memang di atas rata-rata, tetapi sepadan dengan fungsionalitasnya yang ganda, kenyamanan, juga kemolekannya. Jika Anda sering berpresentasi, mouse ini wajib dijadikan pilihan. Lebih enak bawa satu mouse dwi-fungs daripada dua perangkat bukan? Satu catatan, karena sifatnya yang laser, mouse ini kurang responsif jika dioperasikan pada permukaan yang memantul seperti kaca.

PLUS: Menawan dan mungil; ergonomis; batere awet; setup mudah; bisa jadi remote presenter.

MINUS: Scroll horisontal terbatas pada aplikasi tertentu.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s